Kualifikasi Piala Eropa 2020

Luis Enrique resmi kembali besut timnas Spanyol

Luis Enrique resmi kembali besut timnas Spanyol

Luis Enrique (REUTERS/Heino Kalis) (REUTERS/Heino Kalis/)

Jakarta (ANTARA) - Luis Enrique resmi kembali menjadi pelatih timnas Spanyol lima bulan setelah memutuskan mundur karena alasan pribadi, ungkap sejumlah media yang dilansir BBC Sports pada Selasa.

Enrique diketahui mundur Juni lalu setelah 11 bulan mengisi posisi itu untuk menemani putrinya, Xana yang kala itu sedang berjuang melawan kanker tulang. Namun, putri mantan pelatih Barcelona tersebut tutup usia pada Agustus lalu.

Sejak memutuskan mundur, posisi Enrique di timnas Spanyol digantikan oleh Robert Moreno, yang pernah menjadi asistennya di Roma, Celta Vigo dan Barcelona.

Baca juga: Luis Enrique disebut-sebut akan kembali melatih timnas Spanyol

Moreno sebelumnya pernah menyatakan bahwa ia bersedia memberikan posisinya kepada Enrique, bila pelatih berusia 49 tahun siap kembali melatih timnas.

Moreno menjadi juru taktik saat Spanyol mengalahkan Rumania 5-0 pada Selasa. Kemenangan tersebut membuat La Furia Roja mengakhiri kualifikasi Piala Eropa 2020 tanpa menelan kekalahan.

"Semua orang tahu bahwa bila Luis Enrique ingin kembali, ia membuka pintunya," ujar presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Luis Rubiales dalam konfrensi pers pada Selasa.

Baca juga: Robert Moreno siap mundur bila Enrique kembali

"Luis Enrique akan lanjut melatih Spanyol hingga Piala Dunia Qatar pada tahun 2022."

Enrique diangkat sebagai pelatih timnas Spanyol setelah tersingkir di 15 besar Piala Dunia 2018.

Ia gagal membawa Spanyol ke semifinal Nations League dan tetap memimpin negaranya pada awal kampanye kualifikasi Piala Eropa 2020 mereka.

Pelatih asal Spanyol memutuskan kembali ke rumahnya untuk alasan pribadi sebelum kemenangan 2-0 Spanyol di Malta pada Maret dan Moreno ditugaskan sebagai pelatih sementara.

Baca juga: Spanyol, Swedia dan Norwegia kompak tutup Grup F dengan kemenangan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar