Banyak generasi muda yang menganggap entrepreneur lebih menjanjikan, karena mereka telah terlatih untuk mandiri sejak mengenyam pendidikan.
Bandarlampung (ANTARA) - Generasi milenial menjadi salah satu lokomotif utama yang berperan langsung untuk memajukan dan mengembangkan UMKM Lampung yang kini mulai menggeliat.

"Saat ini banyak generasi muda yang gemar berwirausaha, dari pada menjadi pegawai. Sebab banyak generasi muda yang lebih menyukai berusaha mengelola usahanya sendiri tanpa harus bekerja bagi orang lain, " ujar Yuria Putra Tubarat, Ketua Harian Kadinda Lampung di Bandarlampung, Selasa.

Banyak generasi muda yang menganggap entrepreneur lebih menjanjikan, karena mereka telah terlatih untuk mandiri sejak mengenyam pendidikan.

Hal serupa juga dikatakan Kadis Perindustrian Provinsi Lampung, Bayana.
Baca juga: Inovasi produk kopi celup UMKM asal Pringsewu

"Persentase kemiskinan di Provinsi Lampung masih 13 persen  dapat dikatakan masih banyak warga yang hidup di bawah garis kemiskinan, sehingga salah satu solusi yang diambil oleh pemerintah Provinsi Lampung yaitu membuat lapangan pekerjaan baru di luar sektor formal terutama bagi generasi milenial, " ujarnya.

Menurut Buyana, pemerintah memiliki tugas untuk mendorong terciptanya UMKM dan IKM di Provinsi Lampung untuk mewadahi para pencari kerja agar tidak terpaku pada sektor pekerjaan formal.

“Dalam hal ini kami memfasilitasi masyarakat untuk membangun UMKM melalui pelaksanaan pelatihan, seminar, dan pendampingan secara langsung,” ujarnya.

Generasi muda sebagai lokomotif pengembangan dan kemajuan UMKM dapat dilakukan dengan memanfaatkan bonus demografi yang akan dirasakan Indonesia beberapa tahun ke depan, melalui pelatihan serta pendampingan UMKM dan IKM (Industri Kecil Menengah) bagi calon pelaku usaha muda.
Baca juga: UMKM Batik Lampung berdayakan kaum disabilitas

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sara Mariska salah seorang pelaku UMKM muda asal Universitas Lampung.

"Generasi muda sangat berperan penting bagi kemajuan dan berkembangnya suatu Bangsa. Terlebih generasi muda sekarang ini banyak yang terjun sebagai pelaku dari UMKM yang memberikan dampak untuk perekonomian bangsa dan penyerap tenaga kerja, " ujar Sara, salah seorang generasi milenial pelaku UMKM.

Menurutnya, guna merangsang keinginan generasi muda untuk lebih lagi mengembangkan jiwa kewirausahaannya pemerintah dapat memfasilitasi dan memprioritaskan produk domestik hasil UMKM dari pada produk impor.
Baca juga: Geliat bisnis keripik pisang khas Lampung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019