Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia vs Malaysia, Garuda tertinggal 0-1 di babak pertama

Indonesia vs Malaysia, Garuda tertinggal 0-1 di babak pertama

Pemain tim nasional Malaysia Muhammad Safawi Rasyid (kiri) melepaskan tendangan bebas untuk mencetak gol ke gawang Indonesia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019). (ANTARA/Instagram@theafchub)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia tertinggal dengan skor 0-1 dari tuan rumah Malaysia hingga babak pertama usai dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa.

Dipantau dari siaran resmi laga di Jakarta, Selasa, gol Malaysia dicetak oleh penyerang Safawi Rasyid melalui tendangan bebas di menit ke-30.

Baca juga: Timnas Indonesia tanpa penyerang murni kontra Malaysia

Dalam pertandingan itu, Malaysia tampil lebih dominan dalam penguasaan bola. Sementara Indonesia, yang tidak menurunkan penyerang murni di lini depan, mengandalkan serangan balik untuk membongkar pertahanan lawan.

Namun, meski mendapatkan tekanan, Indonesia menjadi tim pertama yang mendapatkan peluang bersih untuk mencetak gol.

Pada menit ke-20, Greg Nwokolo yang dipasang sebagai penyerang tengah berhasil mengirimkan bola kepada Febri Hariyadi di sisi kanan.

Namun, sepakan Febri yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper dapat ditepis dengan baik oleh penjaga gawang Khairulazhan bin Mohd Khalid.

Aksi Khairullazhan harus berujung buruk sebab setelahnya ia mengalami cedera dan langsung ditarik keluar digantikan Mohd. Farizal Marlias.

Baca juga: Presiden FAM: Timnas Malaysia wajib kalahkan Indonesia

Petaka bagi Indonesia datang pada menit ke-30. Pelanggaran kapten Rudolof Yanto Basna sekira satu meter di depan kotak penalti berbuah tendangan bebas yang dieksekusi menjadi gol oleh Muhammad Safawi Rasyid.

Tertinggal satu gol, Indonesia berupaya untuk menyerang balik. Akan tetapi, lagi-lagi peluang emas yang diperoleh pada menit ke-37 melayang begitu saja ketika Greg Nwokolo gagal memasukkan bola ke gawang yang sudah ditinggalkan kiper Malaysia lantaran bola mengenai kaki bek lawan.

Setelah itu, tidak ada gol lain tercipta. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Malaysia bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Baca juga: Indonesia versus Malaysia, Harimau Malaya pantas waspadai Garuda

Susunan pemain:

Malaysia: Khairulazhan bin Mohd Khalid-pg (23’, Mohd Farizal Marlias), Shaharul Mohd Saad, Muhammad Syahmi Safari, Corbin Ong Lawrence, Mohamad Aidil Zafuan (kapten), Muhamad Nor Azam, Muhammad Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh, Mohamed Syamer Kutty, Brendan Gan, Muhammad Akhyar Rashid.

Indonesia: Muhammad Ridho-pg, Ricky Fajrin, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna (kapten), Gavin Kwan Adsit, Bayu Pradana, T. M. Ichsan, Hendro Siswanto, Septian David Maulana, Greg Nwokolo, Febri Hariyadi.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar