Legislator ingatkan pemda antisipasi penyakit di musim penghujan

Legislator ingatkan pemda antisipasi penyakit di musim penghujan

Waspada DBD, Masyarakat di Imbau waspada terhadap penyakit DBD di tengah perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan. (Antara/Ist)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh mengingatkan pemerintah daerah untuk mengantisipasi penyakit yang mungkin muncul saat memasuki musim penghujan.

"Beberapa penyakit yang menjadi siklus rutin saat musim penghujan di beberapa daerah, biasanya demam berdarah dan demam thypoid," kata Ninik, panggilan akrab Nihayatul, saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan pemerintah daerah perlu mempersiapkan pencegahan berupa sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyakit-penyakit yang mungkin muncul.

Beberapa sosialisasi yang bisa dilakukan antara lain kampanye 3M, yaitu menguras tempat-tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas, dan menutup tempat-tempat penampungan air.

Baca juga: Dokter: Cegah DBD dengan jaga kebersihan lingkungan

Baca juga: Dinkes imbau warga Palangka Raya waspadai penyakit musim hujan

Baca juga: Akademisi: waspadai sejumlah penyakit saat musim hujan


"Pemerintah daerah juga perlu melakukan pengasapan atau foging untuk memberantas nyamuk dewasa dan pemberian abate di tempat-tempat penampungan air untuk memberantas jentik nyamuk," tuturnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi penyakit yang mungkin sudah terjadi, pemerintah daerah juga perlu melakukan kemudahan akses bagi masyarakat yang sudah terkena penyakit.

"Pemerintah daerah perlu memastikan jumlah tempat tidur untuk perawatan yang mencukupi dan koordinasi jejaring rujukan bila ada kejadian gawat darurat," katanya.

Bila penyakit sudah mewabah, pemerintah daerah juga harus mempersiapkan kegiatan intervensi untuk mencegah wabah semakin meluas.*

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menteri Terawan Senang dikritisi Komisi IX DPR-RI

Komentar