Solo (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meresmikan pembukaan turnamen Piala Presiden Bola Basket di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Ajang yang dijadwalkan berlangsung hingga partai final pada Minggu (24/11) itu juga berfungsi sebagai turnamen pramusim Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2020 yang baru bergulir mulai Januari tahun depan.

Baca juga: Menpora kasih "diskon" target perolehan medali emas

Baca juga: Hasil undian Piala Presiden Bola Basket, tiga tim playoff IBL segrup

Di hadapan publik Sritex Arena, Menpora menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang juga merupakan mantan Walikota Surakarta (Solo) periode 2005-2012 tersebut.

"Beliau menitipkan salam pada Anda semua, tetapi karena ada kegiatan lain Presiden Jokowi berhalangan membuka turnamen ini," kata Menpora dalam sambutannya.

Menpora berpesan kepada seluruh pemain dari sembilan tim IBL yang ambil bagian dalam Piala Presiden Bola Basket agar terus memberikan yang terbaik dalam ajang tersebut.

Menpora juga mengapresiasi kepada pihak penyelenggar yang diketahui telah mengumumkan keterbukaan penggunaan anggaran Piala Presiden Bola Basket tanpa dana pemerintah dan sepenuhnya dari sponsor swasta.

"Itu bagus. Prestasi harus diikuti integritas dan keterbukaan. Pemerintah menghargai dan mengapresiasi upaya masyarakat bagaimana menyelenggarakan ajang olahraga," katanya.

Baca juga: Piala Presiden Bola Basket iming-imingi hadiah total Rp375 juta

Sementara itu Ketua Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait, mengapresiasi kedatangan Menpora untuk membuka turnamen bola basket yang menjanjikan hadiah terbesar selama sejarah bola keranjang di Indonesia.

"Kita mampu menggelar turnamen bola basket tanpa uang negara dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah basket Indonesia," katanya.

Selepas berbagai seremonial dan sambutan upacara pembukaan, Menpora juga sempat melakukan lemparan mula (tip-off) untuk mengawali gim kedua hari pertama Piala Presiden Bola Basket antara Prawira Bandung kontra Satria Muda Pertamina Jakarta.

Sebelumnya, dalam pertandingan yang berlangsung lebih awal Pelita Jaya Basketball menundukkan NSH Jakarta 84-50.

Baca juga: Laga pembuka Piala Presiden, Pelita Jaya tundukkan NSH

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019