Harapan untuk kemajuan perdagangan hancur semalam oleh peringatan lain dari Presiden AS Donald Trump
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore melemah tipis seiring ketidakjelasan kesepakatan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Rupiah ditutup melemah 4 poin atau 0,03 persen menjadi Rp14.095 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.091 per dolar AS.

"Harapan untuk kemajuan perdagangan hancur semalam oleh peringatan lain dari Presiden AS Donald Trump, yang mengatakan bahwa ia mungkin akan menaikkan tarif lebih jauh jika pembicaraan gagal," kata direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Rupiah Rabu pagi masih lanjut terkoreksi

Ketegangan antara AS dan China meningkat lebih jauh setelah Senat AS mengeluarkan dua RUU terkait Hong Kong yang mendukung para pemrotes di kota itu.

Juru bicara kementerian luar negeri China menyebut keputusan itu sebagai campur tangan terang-terangan dalam urusan dalam negeri China, dan mengatakan AS menghadapi "konsekuensi negatif" jika itu tetap ada.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat Rp14.085 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.085 per dolar AS hingga Rp14.091 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu ini menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp14.097 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.091 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Rabu pagi menguat 6 poin
Baca juga: Rupiah masih terkoreksi dipicu faktor eksternal

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019