Jakarta (ANTARA) - Penerapan jalur sepeda di DKI Jakarta dinilai oleh para pengendara sepeda belum efektif karena masih sering diserobot kendaraan bermotor.

Pengendara sepeda merasa khawatir jalurnya diserobot pengemudi kendaraan bermotor.

"Menurut saya belum efektif, karena akan susah juga menggunakan jalurnya, juga dari segi keamanan kalau enggak ada yang jaga," ujar Iman (32) pegawai kantoran pengendara sepeda di jalur sepeda fase 3 di Jalan Tomang Raya, Jakarta, Rabu.

Iman memiliki rutinitas dua hari sekali berangkat dan pulang kerja menggunakan sepeda. Dia sering menjumpai beberapa petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menjaga jalur tersebut.

Namun jalur sepeda tetap dilanggar oleh pengendara motor meski masa uji coba jalur sepeda sudah berakhir dan telah diterapkan waktu penindakan terhadap pelanggar jalur sepeda.

Iman berharap pemerintah benar-benar serius mensterilkan jalur sepeda dari kendaraan lain sejak dimulainya penegakan hukum bagi pelanggar jalur sepeda mulai Rabu ini.

Baca juga: Sedikitnya 15 pemotor ditilang karena melintasi jalur sepeda di Jaktim
Baca juga: Jalur sepeda Jalan Tomang Raya belum steril pascauji coba


Selain Iman, pengendara sepeda lainnya, Sarma (60) merasakan hal sama. Ia mengaku masih kerap diserobot pengendara lain saat melintas di jalur sepeda.

"Biasa saya gunakan sepeda untuk berdagang, saya masih sering diserobot," kata Sarma.

Sarma mengaku belum mengetahui hari Rabu ini bahwa jalur sepeda harus bebas dari kendaraan bermotor.

Empat petugas Dishub di Jalan Tomang Raya mengamankan jalur sepeda dengan berputar menaiki sepeda. Namun hal tersebut tidak membuat pengendara motor kerap melewati jalur tersebut.

Di antaranya sempat diberhentikan dan ditegur oleh petugas Dishub.

"Mulai dari Pukul 08.00 WIB sampai sore kita berkeliling di jalur ini, jadi posisi bisa berubah-ubah," kata seorang petugas Sutardi.

Jalur sepeda fase 3 di Jalan Tomang Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, belum steril dari kendaraan bermotor setelah uji coba jalur sepeda berakhir dan penindakan berlangsung Rabu.

Selain itu, jalur sepeda fase 3 tersebut tidak dipasangi kerucut pembatas atau "cone block" untuk membatasi jalur pengendara sepeda dan kendaraan bermotor maupun rambu-rambu larangan tertulis.

Sementara ini, hanya terdapat beberapa bagian aspal yang dicat hijau beserta marka pembatas jalan dengan garis cat putih lurus dan putus-putus.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019