Kami sangat mendukung program Menteri BUMN untuk meninjau holding pelabuhan
Makassar (ANTARA) - Direktur Utama PT Pelindo IV Makassar Farid Padang mengatakan, pihaknya mendukung program Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk meninjau holding empat perusahaan pengelola pelabuhan yakni Pelindo I, II, III dan IV.

"Kami sangat mendukung program Menteri BUMN untuk meninjau holding pelabuhan, karena kondisi holding pelabuhan yang ideal memang sudah lama diharapkan untuk segera terwujud," kata Farid di Makassar, Rabu, menanggapi rencana holding perusahaan BUMN itu.

Dia mengatakan, review holding pelabuhan itu juga karena Menteri BUMN menginginkan agar Pelindo I, II, III, IV lebih meningkatkan kinerja dengan skala besar.

Menurut dia, rencana memiliki pelabuhan besar yang terintegrasi sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing, tentunya dengan melakukan harmonisasi beberapa aturan yang terkait dengan bisnis pelabuhan dan pengembangan pelabuhan dengan lebih terstandar.

Terkait rencana menteri BUMN akan meninjau rencana Holding Pelindo I, II, III, IV telah disampaikan Wakil II Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Alasannya, hal itu dilakukan agar lebih fokus untuk menyiapkan ekosistem dalam mendukung jaringan pelabuhan terintegrasi yang langsung terkoneksi dengan industri maupun strategi hilirisasi yang didekatkan ke pelabuhan.

Kartika mengatakan, peninjauan tersebut juga untuk mereduksi biaya logistik yang tinggi, sehingga ke depan dapat meningkatkan tiga hal penting.

Pertama, menurunkan biaya logistik dengan sistim digitalisasi. Kedua, meningkatkan volume kargo dengan meningkatkan sinergi dengan jalur pelayaran baik domestik maupun internasional serta kawasan untuk menyiapkan Hub dan Spoke yang lebih efektif. Ketiga, menetapkan standarisasi dan spesialisasi pelabuhan dengan tepat.

Dia menambahkan bahwa era baru pelabuhan di Indonesia yang ideal untuk menjadi pelabuhan besar yang memiliki daya saing besar yang dapat menggerakkan kargo lebih banyak dan secara kontinyu.

Bahkan diyakini dapat memperkuat sistem Tol Laut yang direncanakan Kementerian Perhubungan, maka akan disiapkan Tim Gugus Tugas untuk melakukan konsolidasi secara holistik.

Menurut dia peninjauan tersebut merupakan hal serius yang akan dilakukan pihaknya. Terbukti dengan dipilihnya Hambra Samal sebagai Wakil Direktur Utama PT Pelindo II yang mendapat tugas khusus mendukung holding tersebut dan secara sistem dapat terbentuk tim yang solid untuk percepatan Holding Pelabuhan I, II, III, IV dalam waktu cepat.

Baca juga: Pelindo IV raih tiga "BUMN Branding & Marketing Award 2019"
Baca juga: Pelindo IV optimalkan layanan bongkar muat Pelabuhan Kendari

 
Dirut PT Pelindo IV Makassar Farid Padang di Makassar. ANTARA Foto/Suriani Mappong

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019