Jakarta (ANTARA) - Tim Suzuki Ecstar mengaku cukup puas dengan performa mesin GSX-RR mereka setelah menyelesaikan tes pramusim selama dua hari di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Rabu waktu setempat.

Kedua pebalap Suzuki Joan Mir dan Alex Rins menghabiskan sebagian besar waktu mereka di hari pertama melakukan perbandingan antara mesin spesifikasi 2019 dan 2020.

Mir dan Rins melanjutkan tugas mereka menguji mesin 2020 dan bagian elektronik serta konfigurasi set-up di hari kedua.

Rins melahap 57 lap dan finis di P6 sementara Mir finis P5 setelah 61 putaran, terpaut 0,578 detik dari pemuncak sesi hari kedua, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Baca juga: Rossi komentari motor Yamaha 2020 dan kepala kru baru

Baca juga: Alex Marquez soal hari pertamanya sebagai pebalap MotoGP


"Kami bisa bilang kami puas dengan tes ini. Kami memiliki mesin spesifikasi baru untuk diuji dan baik Alex maupun Joan segera merasa nyaman dengan itu," kata manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio dalam keterangan tertulis di laman resmi tim.

"Tapi kami masih perlu waktu untuk membenahinya, khususnya terhadap elektronik dan stup kami semakin baik selama dua hari ini."

Mereka akan membawa hasil positif yang mereka dapat ketika tes berlanjut di Jerez pekan depan. "Sementara saat ini kami fokus di mesin dan elektronik, di Sepang (Februari) kami bisa fokus di setup yang lebih umum, dan kami bisa memiliki suku cadang baru di bagian sasis," kata Brivio.

Sementara itu, Mir konsisten finis P6 selama dua hari tes berlangsung dan mengaku puas dengan performa mesin baru Suzuki.

"Kami awalnya mencoba mesin baru dan bahkan kemarin saya merasa positif dengannya, jadi hari ini kami mengerjakan elektronik untuk menemukan batas dari konfigurasi baru.

"Saya membuat lap yang bagus, sangat konsisten dan selalu dekat dengan catatan waktu teratas.... tapi kami sadar jika terlalu dini mengatakan mesin bekerja 100 persen dengan cara yang benar. Kami harus lanjutkan tes, khususnya dengan elektronik. Di Jerez mungkin kami bisa mendapat sejumlah upgrade, namun demikian kami berada di jalur yang benar," kata Mir.

Rins juga cukup konsisten selama dua hari di P7 dan mendapati tambahan tenaga dari mesin yang baru.

"Saya merasa banyak perbaikan di kekuatan puncak, meski Valencia bukan trek yang tepat untuk mengujinya karena dia sangat pendek. Jadi saya sangat menanti Jerez di mana kami bisa mengumpulkan info yang lain," kata Rins yang finis P4 di klasemen 2019 itu.

Ini merupakan tes Valencia terakhir di MotoGP mengingat mulai tahun depan sesi itu akan ditiadakan karena bertambahnya seri balapan di kalender 2021.

Tes pramusim terakhir tahun ini akan digelar di Jerez pada Senin dan Selasa pekan depan.

Baca juga: Yamaha dominasi hari pertama tes pramusim Valencia

Baca juga: Menanti perang saudara: Alex vs Marc

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019