Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim KTM Factory Racing Pol Espargaro mendapati hasil positif selama dua hari tes pramusim di Valencia dengan menggunakan sasis baru motor RC16 KTM.

Pebalap asal Spanyol itu menguji sasis baru dan dua paket motor sepanjang lebih dari 100 putaran dalam dua hari dan finis P8 di hari terakhir, terpaut 0,836 detik dari pemuncak sesi, Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha.

"Secara keseluruhan dua hari ini berjalan baik, banyak informasi tentang elektronik dan bagi tim di pabrikan serta teknisi sasis, jadi cukup positif," kata Espargaro dalam keterangan tertulis di laman resmi tim, Kamis.

Baca juga: Vinales tercepat hari ke-2 tes Valencia, Yamaha kembali dominan

Baca juga: Kompetitif dengan mesin baru, Suzuki komentari hasil tes Valencia


"Hari ini kami kembali fokus di sasis dan menguji sebuah evolusi. Ketika saya terjatuh dari motor dengan frame yang digunakan kemarin, saya langsung memakai yang baru dan itu terasa bagus.

"Saya sangat senang, memiliki sasis kedua seperti itu berarti kami tahu apa yang kami kerjakan, itu yang penting," kata Espargaro yang puas karena KTM membenahi salah satu titik kelemahan mereka musim lalu itu.

Sementara itu rekan satu timnya, Brad Binder melanjutkan adaptasi dengan motor MotoGP setelah dipromosikan dari Moto2. Pebalap asal Afrika Selatan itu finis di P22.

KTM juga menurunkan Dani Pedrosa untuk melanjutkan tugasnya sebagai pebalap uji untuk pengembangan motor KTM selanjutnya. 1
"Dua hari yang luar biasa dan sangat berbeda dari yang saya kira," kata Binder.

"Dari lap pertama terasa seperti dunia yang lain. Jumlah tenaga motor MotoGP mengagumkan. Luar biasa melihat data dari Pol dan hal-hal yang dia lakukan itu gila. Saya masih harus banyak belajar. Terutama tentang lintasan dan cara kalian membawa motor keluar dari tikungan."

Baca juga: Alex Marquez soal hari pertamanya sebagai pebalap MotoGP

Baca juga: Rossi komentari motor Yamaha 2020 dan kepala kru baru


Manajer tim Red Bull KTM Mike Leitner mengungkapkan jika motor spesifikasi 2020 yang digunakan Espargaro hari itu adalah purwarupa yang pernah diuji oleh Pedrosa di musim panas lalu. Sedangkan Pedrosa masih melanjutkan pengembangan motor tersebut.

Binder, sementara itu masih menggunakan motor versi 2019, bersama Iker Lecuona (KTM Tech 3) sebagai proses adaptasi ke MotoGP. Keduanya naik kasta ke MotoGP setelah bertarung di Moto2 tahun ini.

Ini merupakan tes Valencia terakhir di MotoGP mengingat mulai tahun depan sesi itu akan ditiadakan karena bertambahnya seri balapan di kalender 2021.

Tes pramusim terakhir tahun ini akan digelar di Jerez pada Senin dan Selasa pekan depan.

Baca juga: Yamaha masih terbuka untuk Zarco

Baca juga: Marc Marquez soal keputusan Honda dan sang adik di MotoGP 2020




Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019