Kemarin, anak perusahaan BUMN dievaluasi hingga BI tahan suku bunga

Kemarin, anak perusahaan BUMN dievaluasi hingga BI tahan suku bunga

Gedung Kementerian BUMN. ANTARA/Aji Cakti/pri.

Kalau semuanya menuju pada hilirisasi dan industrialisasi, barang jadi dan setengah jadi, saya yakin tak sampai 3 tahun, semua problem defisit bisa diselesaikan hanya dalam waktu 3 tahun
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN akan mengevaluasi anak, cucu dan cicit perusahaan BUMN hingga Bank Indonesia akan tahan suku bunga acuan, berikut lima berita ekonomi kemarin yang masih layak Anda simak:

1. Kementerian BUMN akan evaluasi anak, cucu dan cicit BUMN

Kementerian BUMN akan mengevaluasi dan mengonsolidasikan semua anak, cucu dan cicit perusahaan milik negara.

"Ini akan dikonsolidasikan, artinya kita lagi melihat mana yang bisa digabung, kalau rugi dan bukan core bisnisnya serta tidak menguntungkan harus dievaluasi ulang, kalau bisa ditutup maka ditutup saja," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

2. Bappenas sebut UU pemindahan ibu kota baru melalui omnibus law

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa akan mempersiapkan Undang-undang terkait pemindahan ibu kota melalui mekanisme omnibus law.

"Mungkin kami akan memakai omnibus law mekanismenya," ujar Suharso Monoarfa dalam rapat kajian bersama dengan Komisi V DPR RI di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

3. Kemenhub usulkan tak ada perbedaan tarif Tol Jakarta-Cikampek layang

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengusulkan tidak ada perbedaan antara tarif tol Jakarta-Cikampek baik yang eksisting maupun layang.

Saat ini, kata dia, pentarifan masih digodok di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Jasa Marga sebagai operator.

Simak berita lengkapnya di sini

4. Presiden yakin defisit neraca dagang bisa diselesaikan tiga tahun

Presiden Joko Widodo meyakini persoalan defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan bisa diselesaikan tak sampai tiga tahun melalui hilirisasi industri pertambangan.

“Kalau semuanya menuju pada hilirisasi dan industrialisasi, barang jadi dan setengah jadi, saya yakin tak sampai 3 tahun, semua problem defisit bisa diselesaikan hanya dalam waktu 3 tahun,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Indonesian Association Mining Award 2019 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Waspada transaksi berjalan, BI diperkirakan tahan bunga acuan November

Bank Indonesia diperkirakan akan menghentikan penurunan suku bunga acuan di Rapat Dewan Gubernur November 2019, untuk mengantisipasi turunnya daya tarik instrumen keuangan dalam negeri, yang juga dapat memicu pelebaran defisit transaksi berjalan.

Ekonom PT Bank Danamon Tbk Dian Ayu Yustina di Jakarta mengatakan BI akan mempertahankan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate di lima persen hingga akhir 2019.

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemarin HS Dillon meninggal di Bali akibat sakit jantung

Komentar