Kemenhub buka pendaftaran mudik gratis Natal-Tahun Baru

Kemenhub buka pendaftaran mudik gratis Natal-Tahun Baru

Peningkatan Penumpang Terminal Bungurasih Sejumlah calon penumpang memadati Terminal Purabaya (Bungurasih) Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (30/12). Jumlah penumpang bus di terminal Purabaya Bungurasih pada mudik libur Natal dan tahun baru 2018 mencapai sekitar 60.000 orang dibanding hari biasa, jumlah penumpang hanya 29 ribu. Antara Jatim/Umarul Faruq/uma/17

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Jasa Marga mulai membuka pendaftaran mudik gratis Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

“Kami telah mempersiapkan 55 bus untuk mudik gratis bagi warga di Jabodetabek. Targetnya dapat menjaring sebanyak 2.475 peserta, kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ada pun periode pendaftaran mudik gratis ini berlangsung sejak 18 November hingga 18 Desember mendatang.

Bagi masyarakat yang berminat dapat segera mendaftarkan dirinya melalui laman www.mudikgratis.dephub.go.id atau datang langsung ke Kementerian Perhubungan untuk mendaftar langsung.

Setelah mendaftar secara daring, diwajibkan untuk melakukan verifikasi pendaftaran di Lobby Gedung Cipta Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta.

Pelepasan mudik ini rencananya akan dilakukan pada Sabtu 21 Desember di Terminal Pulogebang.

Tahun ini untuk mudik gratis akan diberangkatkan menuju delapan kota tujuan yakni Jakarta-Solo, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang, Jakarta-Purwokerto, Bali-Surabaya, Jakarta-Boyolali, Bali-Yogyakarta, dan Jakarta- Malang.

Dirjen Budi juga berharap dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengalihkan minat masyarakat yang sering menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan mudik menjadi menggunakan bus.

“Kami ingin dengan program ini juga dapat menekan angka kecelakaan sepeda motor selama Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 serta memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin bertemu dengan keluarganya di kampung halaman,” ujarnya.

Karena itu, para pengendara motor yang ingin beralih mudik dengan menggunakan bus dapat membawa KTP, SIM yang masih berlaku untuk mendaftar.


Baca juga: Kemenhub sediakan mudik gratis Natal
Baca juga: Kemenhub lepas mudik gratis Natal-Tahun Baru
Baca juga: Penumpang kapal diperkirakan naik 1,84 persen saat Natal-Tahun Baru
Baca juga: Kemenhub siapkan 1.293 kapal angkut 3,4 juta penumpang selama Natal


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenhub akan optimalkan kapal perintis untuk daerah 3T

Komentar