Jakarta (ANTARA) - Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosiana Silalahi diangkat menjadi anggota Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggantikan Peter F Gontha yang mengundurkan diri.

"Keputusan tersebut diambil dalam rapat pengurus Dewan Kehormatan PWI," kata Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang di Kantor PWI Pusat, Jakarta, Kamis.

Baca juga: PWI-MPR kerja sama sosialisasikan amendemen UUD 1945

Peter F Gontha mengundurkan diri setelah ia menjadi anggota Dewan Pakar Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Ilham Bintang mengatakan sesuai Peraturan Dasar PWI Pasal 26 ayat 3 yang menyebutkan pengurus PWI tidak boleh merangkap jabatan menjadi pengurus partai politik.

Baca juga: Persiapan HPN 2020, pengurus PWI bertemu Kemenkominfo

"Itu semua demi tegaknya disiplin organisasi dan kami salut serta berterima kasih, pengunduran Pak Peter mendapatkan apresiasi," katanya.

Dengan demikian, menurut dia, susunan lengkap Dewan Kehormatan PWI Pusat adalah Ketua Ilham Bintang, Sekretaris DK Sasongko Tedjo, beserta anggota Karni Ilyas, Asro Kamal Rokan, Rosiana Silalahi, Suryopratomo, Tri Agung, Teguh Santosa, dan Rajapane.

Baca juga: Mimpi Tokoh Muda, PWI: Pers mengambil peran untuk Indonesia 2045

Pada kesempatan itu, Ilham Bintang mengatakan Dewan Kehormatan PWI ke depan akan lebih responsif menanggapi kasus-kasus pers khususnya yang terkait pelanggaran kode etik jurnalistik.

Saat ini, kata dia, PWI juga telah memiliki Kode Perilaku Wartawan yang akan mengawasi praktik jurnalistik yang profesional dan beretika.

Baca juga: PWI dan Ditjen Imigrasi akan gelar safari jurnalistik

Selain mengawasi secara internal, pengawasan juga bisa dilakukan oleh masyarakat sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019