Din: Bahtiar Effendy penggagas berdirinya UIII

Din: Bahtiar Effendy penggagas berdirinya UIII

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin usai menghadiri pemakaman Bahtiar Effendi di TPU Lamperes Kota Depok Jawa Barat, Kamis (21/11/19). (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengungkapkan Almarhum Bahtiar Effendy merupakan salah satu penggagas berdirinya Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kota Depok Jawa Barat.

"Sekarang dalam proses pembangunan mudah-mudahan dalam waktu dekat akan beroperasi," kata Din usai menghadiri pemakaman Bahtiar Effendi di TPU Lamperes Kota Depok Jawa Barat, Kamis.

Din menjelaskan ketika itu kawan-kawan membuat proposal pendirian UIII yang dikomunikasikan dengan Jusuf Kalla ketika itu sebagai Wakil Presiden untuk meyakinkan Presiden Jokowi hingga Presiden ikut terlibat dan kemudian dipersiapkan oleh Kementerian Agama dan Kemenristek Dikti ketika untuk memulai proses pembangunan.

"Ini merupakan salah satu pemikiran besar almarhum," ujar Din.

Baca juga: Din Syamsudin: Bahtiar Effendy adalah sosok cendekiawan sejati

Baca juga: Soal Sukmawati, Din Syamsuddin: Wajar kalau ada yang marah


Menurut Din peran besar almarhum Bahtiar Effendy yaitu melakukan internasionalisasi Muhammadiyah yang ketika itu almarhum sebagai ketua lembaga hubungan dan kerja sama luar negeri, dan saya sebagai Ketum PP Muhammadiyah.

"Saya tahu persis, kita mulai mendirikan cabang cabang istimewa muhammadiyah di mancanegara, sekarang sudah lebih 30 cabang," jelasnya.

Dikatakannya sejak mahasiswa dahulu almarhum dua tahun di bawah saya, kami sudah menjadi wakil pemuda Indonesia pada konferensi konferensi dunia agama untuk perdamaian 1984.

"Sehingga saya dan almarhum sudah berkiprah secara internasional, maka sebenarnya keterlibatan saya di dunia internasional itu harus diakui banyak juga dukungan dan dorongan dari almarhum," katanya.*

Baca juga: Din Syamsuddin: Agama harus jadi pemecah masalah kebangsaan

Baca juga: Din apresiasi Said Aqil soal Habib Rizieq

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ketua PP Muhammadiyah KH. Yunahar Ilyas tutup usia

Komentar