Plt Gubernur berharap presiden tetapkan tiga daerah di Aceh jadi KEK

Plt Gubernur berharap presiden tetapkan tiga daerah di Aceh jadi KEK

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat memberikan keterangan pers di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (20/11/2019). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap kepada Presiden Jokowi agar menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk menetapkan tiga daerah di wilayah pantai barat selatan (Barsela) Aceh menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

Ketiga daerah tersebut masing-masing Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kabupaten Nagan Raya serta Kabupaten Aceh Jaya.

"Ketiga daerah ini sudah dilakukan penilaian, ketiganya memenuhi persyaratan, paling beda tipis cuma tiga poin," kata Nova Iriansyah, Kamis.

Menurut dia, rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) di tiga kabupaten di wilayah pantai barat Aceh tersebut sudah diajukan ke Kementerian Kkoordinator Ekonomi di Jakarta.

Nova berharap usulan tersebut nantinya dibawa ke rapat terbatas kabinet presiden untuk kemudian dilakukan pembahasan dan diterbitkan Perpres khusus KEK di tiga daerah tersebut di Aceh.

"Kita berharap tiga daerah ini (Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Jaya) dapat ditunjuk menjadi KEK baru di Aceh," katanya menambahkan.

Ia juga mengakui, selama ini Aceh juga sudah memiliki sejumlah daerah yang memiliki kawasan ekonomi khusus diantaranya seperti KEK Arun di Kota Lhokseumawe, kemudian Kawasan Strategis Gayo Alas, Orita Sabang serta Kawasan Industri Aceh (KIA) di Kabupaten Aceh Besar.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar