DPD juga akan terus aktif mendorong pengusaha-pengusaha daerah untuk berkembang.
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti berjanji akan memperkuat kolaborasi antara lembaganya dengan pengusaha daerah, dalam rangka mencapai tujuan untuk memperkuat ekonomi nasional.

"DPD adalah rumah besar bagi seluruh rakyat dari Aceh sampai Papua, termasuk di dalamnya ada penggerak dunia usaha. Maka apa yang menjadi aspirasi pengusaha daerah, tentu akan diperjuangkan DPD," kata La Nyalla di Surabaya, Kamis.

La Nyalla saat bertemu dengan para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Jatim itu juga mengajak para pengusaha di daerah untuk terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan pelambatan ekonomi.

"Saat ini ekonomi sedang menghadapi banyak tantangan. Di tingkat global, sudah banyak negara yang kelimpungan. Turki dan Argentina resesi. Pertumbuhan Jerman, Inggris, Jepang, Singapura sangat-sangat minim. Perang dagang AS versus Tiongkok belum usai. Kita harus benar-benar bersiap diri," katanya.
Baca juga: Menkeu: APBN instrumen fiskal hadapi perlambatan ekonomi global

Indonesia, kata dia, harus bersyukur karena di tengah tren pelambatan ekonomi dunia, negeri ini masih bisa tumbuh stabil di kisaran 5 persen.

"Saudara-saudara semua sebagai pengusaha punya jasa besar untuk menjaga dan memakmurkan negeri ini. Saya mengajak para pengusaha untuk terus giat berkreasi agar semua sektor tetap bergerak untuk menghadapi tantangan ekonomi global," katanya.
Baca juga: DPD usulkan 9 RUU baru dalam Prolegnas 2020

Oleh karena itu, dia meminta agar para pengusaha untuk tidak mundur dan lelah, serta mendorong agar terus berusaha, kreatif, serta membuka lapangan kerja yang ikut andil memajukan Indonesia.

"Ke depan, kami dari DPD juga akan terus aktif mendorong pengusaha-pengusaha daerah untuk berkembang. Yang mikro didorong menjadi pengusaha kecil, lalu menengah dan pada akhirnya berhasil menjadi pengusaha skala besar," katanya.
Baca juga: BI yakin ekonomi syariah mampu tangkal perlambatan ekonomi global

Dia juga meminta agar pengusaha bersinergi dengan pemerintah, dan tidak perlu takut berkompetisi dengan korporasi yang lebih besar.

"Pokoknya asal kita mau dan bekerja keras, pengusaha daerah pasti bisa go international," tuturnya.

Baca juga: DPD RI prioritaskan RUU Daerah Kepulauan

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019