Seoul (ANTARA) - Korea Selatan akan membiarkan kehilangan pakta berbagi intelijen dengan Jepang pada Sabtu di tengah pertikaian sengit tentang sejarah dan perdagangan, menentang tekanan Amerika Serikat yang meningkat untuk mempertahankan elemen kunci dari kerja sama keamanan trilateral mereka.

Berakhirnya Perjanjian Keamanan Umum Informasi Militer (GSOMIA) kemungkinan akan mengintensifkan perselisihan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, yang ingin kedua sekutu Asia menjauhkan perselisihan mereka dari kerja sama keamanan.

Seoul memberi Tokyo pemberitahuan tiga bulan pada Agustus untuk mengakhiri GSOMIA setelah Tokyo memberlakukan kendali ekspor pada Korea Selatan atas perselisihan yang berasal dari penjajahan 1910-45 di semenanjung Korea.

Baca juga: AS, Korsel tunda latihan perang karena Korea Utara

Perjanjian akan kedaluwarsa pada Sabtu tengah malam kecuali jika diperpanjang. Kedua belah pihak menolak untuk bergerak, dengan Seoul mendesak Tokyo untuk menghapus peraturan perdagangannya terlebih dahulu. Jepang telah meminta GSOMIA untuk dipertahankan.

"Kecuali jika ada perubahan dalam sikap Jepang, posisi kami adalah kami tidak akan mempertimbangkan kembali," Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha mengatakan kepada parlemen pada hari Kamis.

Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono mengatakan berakhirnya perjanjian tak akan berdampak langsung pada keamanan Jepang.

Baca juga: Jepang, Korsel bicara dengan AS terkait sanksi atas Iran

"Tetapi mengingat situasi saat ini dengan Korea Utara, saya memiliki kekhawatiran bahwa ini dapat mengirim pesan yang salah ke Korea Utara dan negara-negara lain di kawasan itu," katanya, seraya menambahkan ia berpikir Seoul akan membuat "keputusan yang masuk akal".

GSOMIA disepakati pada tahun 2016 setelah dorongan AS selama bertahun-tahun untuk tanggapan bersama yang lebih baik terhadap ancaman militer Korea Utara yang semakin meningkat.

Washington secara luar biasa keras dalam kritik publiknya terhadap keputusan Korea Selatan, yang bukan satu-satunya sumber ketegangan dalam hubungan itu.

Baca juga: Presiden Korsel - PM Jepang kembali berdialog atasi sengketa

Pada Selasa, negosiator AS menghentikan pembicaraan setelah Korea Selatan menolak tuntutan untuk meningkatkan kontribusinya lima kali lipat menjadi 5 miliar dolar untuk mempertahankan 28.500 tentara AS sebagai penyangga terhadap agresi Korea Utara.

"Kerusakan yang belum pernah terjadi sebelumnya menunjukkan kondisi aliansi saat ini, di mana transaksi uang dan bisnis mengikis nilai-nilai bersama dan kepercayaan yang membentuk fondasinya," kata Kim Hong-kyun, mantan wakil menteri Korea Selatan.

Batas waktu

Ditanya apakah dengan mengakhiri GSOMIA berisiko merusak aliansi dengan Amerika Serikat, Kang mengatakan analisis semacam itu dapat dipahami tetapi keputusan itu dibuat "semata-mata dalam konteks" hubungan Jepang.

Korea Selatan telah berjanji untuk melanjutkan kerja sama keamanan dengan Jepang, termasuk melalui pengaturan trilateral yang melibatkan Amerika Serikat.

Ketiga negara menandatangani Pengaturan Berbagi Informasi Trilateral (TISA) pada tahun 2014. Tetapi itu terbatas pada informasi mengenai program nuklir dan rudal Pyongyang, sedangkan GSOMIA mencakup intelijen yang lebih luas.

Kim, mantan diplomat, kata Presiden AS Donald Trump, yang bersikeras Korea Selatan berkontribusi lebih banyak pada biaya pertahanan, dapat menggunakan "brinkmanship" dalam pembicaraan di masa depan, seperti yang ia lakukan dalam berurusan dengan Korea Utara.

Cho Han-bum, rekan senior di Institut Unifikasi Nasional Korea, mengatakan Seoul melakukan kesalahan dengan memperluas sengketa perdagangan untuk masalah keamanan, tetapi Trump tidak mungkin menarik pasukan yang merupakan kunci untuk menjaga China dan Rusia tetap terkendali.

Amerika Serikat pada Kamis membantah laporan berita Korea Selatan yang sedang mempertimbangkan pengurangan jumlah pasukan jika pembicaraan pembagian beban tidak berjalan sesuai harapan Trump.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019