Magelang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) mendorong pengembangan kawasan wisata Borobudur dengan menyalurkan dana bantuan program bina lingkungan di wilayah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, Borobudur, Kabupaten Magelang.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama di Magelang, Jumat, mengatakan sebagai wujud komitmen BUMN ini untuk memajukan perekonomian masyarakat kawasan wisata Borobudur melalui CSRnya menyalurkan bantuan.

PT Angkasa Pura I (Persero) melalui program corporate social responsibility (CSR) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyalurkan bantuan Rp685,44 juta untuk pengadaan peralatan dan pembangunan ruang produksi kakao serta bantuan pengadaan perlengkapan produksi cokelat sebesar Rp565,09 juta.

Sebelumnya pada tahun 2017, PT Angkasa Pura I (Persero) telah menyalurkan bantuan pembangunan joglo dan fasilitas Balkondes Bigaran senilai Rp1 Miliar.

Secara bertahap dan berkelanjutan, katanya di tahun 2017 juga telah menyalurkan bantuan pembangunan homestay sebesar Rp1,7 miliar.

"Ini sudah menjadi tanggung jawab sosial kami sebagai BUMN. Balkondes Bigaran adalah desa wisata binaan yang merupakan wujud program Sinergi BUMN di kawasan Borobudur," katanya.

Sebelumnya Angkasa Pura I telah memberikan bantuan secara bertahap untuk mengembangkan dan membangun fasilitas serta sarana prasarana dan sampai saat ini total bantuan yang telah disampaikan yaitu sebesar Rp 4,9 miliar.

Menurut dia penyaluran bantuan hari ini diharapkan menjadi kontribusi positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan usaha homestay, pembinaan potensi lokal, kuliner serta bentuk usaha lainnya.

"Sebagai etalase potensi kawasan desa wisata, pengembangan Balkondes Bigaran menjadi salah satu wujud PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mendukung pengembangan pariwisata di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah," katanya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Romza Ernawan menyampaikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I (Persero) atas kontribusi dan bantuan yang telah
diberikan sampai dengan saat ini khususnya di wilayah pengembangan Balkondes Bigaran. 


Baca juga: Pemerintah kembangkan kawasan wisata pendukung Borobudur
Baca juga: PLN bakal bangun gardu induk dukung pengembangan wisata Borobudur
Baca juga: Ganjar minta Bank Jateng fasilitasi pembuatan homestay di Borobudur

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019