Jakarta (ANTARA/JACX) - Tulisan berjudul "Mahfud MD Tegaskan Kepulangan Habib Rizieq Bisa Menimbulkan Bencana Alam", dirilis blog TRIBUN IND sejak Rabu (13/11).

Artikel yang telah dikomentari sembilan orang hingga Jumat (22/11) ini, turut mencantumkan gambar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang tengah difoto menggunakan kopiah hitam serta baju putih.

Pria yang juga dikenal sebagai pakar hukum tata negara dan pernah berkarir di ranah eksekutif, legislatif, maupun yudikatif itu, pada sembilan paragraf awal tulisan tersebut, diketahui membahas tuduhan pencekalan yang dilakukan pemerintah terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. 

Sementara itu, kutipan "Lebih baik menetap disana toh juga disana sudah nyaman bagi dia (Habib Rizieq cs), jika pulang takutnya negara kita mengalami banyak tantangan yang dianggap seperti bencana," yang dicetak dengan huruf miring dan latar biru, menjadi paragraf penutup artikel tersebut.

Penjelasan:
Penelusuran Antara pada Jumat (22/11) menunjukkan bahwa artikel yang dikeluarkan TRIBUN IND tersebut, dilansir dari berita Antaranews.com dengan judul "Menko Polhukam tegaskan tidak ada bukti pemerintah cekal Habib Rizieq".

Kendati demikian, berita Antaranews.com tersebut, telah melalui proses penyuntingan terlebih dulu, sebelum akhirnya dimuat ulang oleh blog TRIBUN IND.

Diketahui terdapat total sembilan paragraf dalam berita Antaranews.com yang disiarkan pada Selasa (12/11). Tulisan dan kutipan yang termuat dalam sembilan paragraf berita tersebut sama persis seperti yang disiarkan dalam blog TRIBUN IND. 

Sementara itu, artikel yang disiarkan TRIBUN IND melampirkan dua paragraf tambahan di akhir tulisan.

Berikut ini adalah dua paragraf akhir di blog, yang tidak ditemukan dalam berita Antaranews.com:

Mahfud menambahkan lebih baik Habib Rizieq jangan pulang karena akan menambah beban pemerintah dan masyarakat Indonesia, dan dianggap sebagai bencana bagi negeri ini.

"Lebih baik menetap disana toh juga disana sudah nyaman bagi dia (Habib Rizieq cs), jika pulang takutnya negara kita mengalami banyak tantangan yang dianggap seperti bencana," Tutup Mahfud.

Klaim : Mahfud sebut kepulangan Rizieq bisa timbulkan bencana
Rating : Salah/Disinformasi

 
Tangkapan layar soal informasi bohong pencekalan Pemimpin FPI Rizieq Shihab (Istimewa)

Cek fakta: Habib Rizieq dicekal, Mahfud minta suratnya dikirim ke kantornya

Cek fakta: Dirjen Imigrasi memastikan paspor Habib Rizieq masih berlaku

Cek fakta: Dubes RI untuk Arab Saudi sebut visa Rizieq Shihab habis masa berlaku

Cek fakta: KBRI Riyadh pastikan pendampingan jika Rizieq terlibat permasalahan hukum

Cek fakta: FPI: Habib Rizieq seperti tahanan rumah






 

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2019