IBL

Hasil Piala Presiden Bola Basket hari ketiga, Sritex Arena sarat drama

Hasil Piala Presiden Bola Basket hari ketiga, Sritex Arena sarat drama

Kapten Satya Wacana Salatiga Cassiopea 'Cio' Manuputy (bawah) meluapkan kegembiraan usai berhasil mengalahkan Pacific Caesar Surabaya dalam laga lanjutan Piala Presiden Bola Basket di GOR Sritex Arena, Solo, Jumat (22/11/2019). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Solo (ANTARA) - Rangkaian hari ketiga Piala Presiden Bola Basket rampung menyelenggarakan tiga pertandingan fase penyisihan grup pada Jumat yang sukses mengubar GOR Sritex Arena, Solo, menjadi panggung drama.

Terma kebangkitan sangat tepat menggambarkan dua pertandingan pertama, yang berakhir dengan kemenangan Satya Wacana Salatiga dan Pelita Jaya Basketball.

Sedangkan pertandingan ketiga boleh jadi merupakan laga dengan hasil paling mengejutkan yang dibukukan oleh tim anyar Louvre Surabaya.

Berikut ulasan singkat hasil Piala Presiden Bola Basket hari ketiga:

Satya Wacana Salatiga 68 - Pacific Caesar Surabaya 67

Satya Wacana seolah kehilangan kepribadian pada dua karakter pertama. Trio penembak perimeter Andre Adriano, Ardian Ariadi dan debutan Antoni Erga tak sekalipun menceploskan percobaan tripoin mereka.

Baca juga: Satya Wacana kembali ciptakan drama klasik saat jungkalkan Pacific

Lima percobaan Andre, tiga dari Ardian dan empat yang dilemparkan Erga semuanya tak pernah berakhir masuk ke dalam sasaran. Keadaan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Indra Muhammad yang memimpin Pacific Caesar Surabaya dengan 19 poin dari periode yang sama.

Memasuki kuarter ketiga, pelatih kepala Efri Meldi menginstruksikan para pemain Satya Wacana melakukan full-court press dan berhasil. Pada saat bersamaan, akurasi tripoin mereka juga membaik.

Andre dan Erga sama-sama melesakkan dua tembakan tripoin, untuk menyokong total 24 poin yang diraih Satya Wacana pada kuarter ketiga demi memangkas jarak ketertinggalan menjadi 39-51.

Kombinasi full-court press dan wanginya tembakan tripoin mereka terus berlanjut pada kuarter keempat, hingga 37 detik jelang laga berakhir sang kapten Cassiopea "Cio" Manuputy juga melesakkan tripoin untuk membawa Satya Wacana berbalik unggul 67-64.

Klinisnya penampilan barisan rekan-rekannya bahkan "memaksa" Andre memilih bertahan di bangku cadangan pada sisa waktu yang ada sembari memanjatkan doa-doa kepada semesta. Semesta mendengar dan memberi kekuatan kepada Satya Wacana untuk memastikan kemenangan 68-64 saat bel tanda laga usai berbunyi.

Kemenangan mengantarkan Satya Wacana lolos ke semifinal sebagai jawara Grup A dengan raihan empat poin penuh dari dua pertandingan.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar