Kita ingin dunia ini "sustainable" secara ekonomi yaitu profit, secara sosial yaitu "people" dan secara lingkungan yaitu planet. Jadi kita ingin meningkatkan kesejahteraan, mempunyai keuntungan yang berkelanjutan, dan planet yang terus bisa kita ting
Denpasar, Bali (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan inovasi yang berkelanjutan harus dilakukan untuk mencapai keberlanjutan profit, orang (people), dan planet (3P).

"Kita ingin dunia ini 'sustainable' secara ekonomi yaitu profit, secara sosial yaitu 'people' dan secara lingkungan yaitu planet. Jadi kita ingin meningkatkan kesejahteraan, mempunyai keuntungan yang berkelanjutan, dan planet yang terus bisa kita tinggali," katanya ketika berbicara dalam upacara penyerahan Asia Sustainability Repoting Award 2019 yang diadakan di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Mantan Kepala Bappenas itu, yang lembaganya mengurus Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), menekankan bahwa tujuan SDGs menyatakan bahwa tidak akan ada orang yang tertinggal.

SDGs adalah 17 tujuan yang dicanangkan oleh negara-negara lintas pemerintahan pada resolusi PBB yang diterbitkan pada 21 Oktober 2015. Menurut target, tujuan-tujuan SDGs harus dicapai negara-negara yang menyetujuinya pada 2030.

Dalam cakupannya sebagai Menristek/Kepala BRIN, Bambang mengatakan tujuan tersebut bisa dicapai di Indonesia adalah dengan melakukan inovasi untuk mewujudkan masa depan yang berkelanjutan.

Menurut dia, SDGs dapat dicapai jika segala pemangku kepentingan melakukan inovasi yang dapat membantu kehidupan masyarakat, melestarikan planet sambil tetap mendapatkan profit.

"Kata inovasi itu sangat dekat dengan 'people', planet dan profit tadi," katanya.

Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) adalah ajang penghargaan dan sistem pemeringkatan laporan keberlanjutan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan.

Acara yang sudah memasuki tahun ke-15 itu memberikan penghargaan kepada korporasi yang dianggap berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutan kepada pemangku kepentingan melalui laporan berkelanjutan dengan semangat mencapai SDGs.

Perusahaan yang mendapatkan peringkat tertinggi atau platinum untuk tahun ini adalah PT Agincourt Resources, PT Antam, PT Indo Tambangraya Megah, PT Perusahaan Gas Negara, Prime Bank Limited, PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim, Telekom Malaysia Berhad, PT Vale Indonesia.

Baca juga: Inovasi berkelanjutan penting bagi sebuah negara

Baca juga: Lembaga global nyatakan komitmen pendanaan untuk inovasi perikanan berkelanjutan

Baca juga: Menteri Basuki : inovasi infrastruktur harus berkelanjutan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019