Masuk Pantai Air Manis Padang gunakan uang elektronik

Masuk Pantai Air Manis Padang gunakan uang elektronik

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menggunakan uang elektronik masuk Pantai Air Manis Padang. (Antara/HO/Humas)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang resmi menerapkan pemakaian uang elektronik untuk membayar biaya masuk ke Objek Wisata Pantai Air Manis yang dikenal dengan Legenda Batu Malin Kundang si Anak Durhaka.

Penerapan produk uang elektronik keluaran BRI yaitu kartu Brizzi tersebut ditandai dengan peluncuran resmi oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Sabtu.

Wakil Wali Kota Hendri mengatakan pihaknya menyambut baik upaya BRI Padang bekerja sama dengan beberapa pihak sekaitan penerapan Kartu Brizzi bagi pengunjung Pantai Air Manis.

"Penggunaan Kartu Brizzi ini untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kepastian bagi semua pihak terutama pengunjung Pantai Air Manis," kata dia.

Selain itu juga upaya ini juga bagian mendukung program pemerintah sesuai arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gubernur Sumatera Barat bahwa digitalisasi harus diterapkan oleh setiap pemerintah daerah.

Hendri mengatakan penggunaan Kartu Brizzi hanya mengganti sistem penggunaan uang tunai dengan nontunai.

Hal ini juga menjawab keraguan terhadap masalah dugaan kebocoran dari retribusi uang masuk beserta parkir di Pantai Air Manis Padang, kata dia.

Ia menyampaikan Pemko Padang akan terus berupaya setiap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) semuanya akan menggunakan digitalisasi seperti yang telah diterapkan pada Bus Trans Padang dan kolam renang Teratai.

Wakil Pemimpin BRI Kanwil Padang Edi Prawaskito menyebutkan penggunaan Kartu Brizzi merupakan kerja sama yang kedua dilakukan BRI Kanwil dengan Pemko Padang setelah sebelumnya telah diterapkan untuk tiket Bus Trans Padang.

Untuk pembelian Kartu Brizzi perdana beserta saldonya masyarakat ataupun pengunjung Pantai Air Manis sudah bisa membelinya di agen-agen BRI.

"Agen BRI jumlahnya cukup banyak tersebar, di Sumbar hampir mencapai 10 ribu dan di Kota Padang sebanyak 500 agen. Jadi mungkin nanti akan kita tambahkan dengan memanfaatkan masyarakat sekitar Pantai Air Manis sebagai agen sehingga masyarakat juga akan mendapatkan keuntungan tambahan.

Peluncuran tersebut dilakukan di gerbang pintu masuk Pantai Air Manis Padang dihadiri Pemimpin Cabang BRI Padang Arully Ihsan, unsur Forkopimka Kecamatan Padang Selatan, Ketua komisi IV DPRD Padang Azwar Siri dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang Arfian.


Baca juga: BI dorong rumah ibadah gunakan uang elektronik untuk amal
Baca juga: Pemprov berlakukan pembayaran uang elektronik bus Surabaya-Malang
Baca juga: Penggunaan uang elektronik di Sumsel tumbuh signifikan

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar