Misool (ANTARA) - Bupati Raja Ampat, Papua Barat Abdul Faris Umlati membuka Festival Pesona Misool Kabupaten Raja Ampat di Kampung Harapan Jaya, Distrik Misool Selatan, Sabtu.

Festival dengan tema Amazing Misool in Harmony yang berlangsung 23-25 November 2019 diharapkan dapat memperkenalkan potensi wisata yang ada di Misool kepada dunia internasional.

Bupati Abdul Faris Umlati dalam sambutannya mengatakan bahwa festival ini merupakan festival pertama kali diselenggarakan di Misool sehingga masyarakat setempat harus bangga dan mendukung penyelenggaraannya hingga berjalan sukses.

Baca juga: Masyarakat Misool dukung digelarnya Festival Pesona Misool

Dia mengatakan, festival ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata, tari-tarian, kuliner masyarakat Misool untuk diketahui dunia internasional.

Menurut dia, Pulau Misool memiliki keindahan alam dan keanekaragaman hayati tersendiri dari pulau-pulau yang lain di Raja Ampat. Namun misal belum banyak diketahui oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat berupaya sehingga festival pesona Misool dapat terselenggara agar wisatawan berkunjung dan potensi yang tersembunyi itu diketahui banyak orang.

Ia berharap agar masyarakat Misool sebagai tuan rumah pelaksanaan festival dapat melayani dengan baik setiap orang yang berkunjung untuk menyaksikan event tersebut.

Ketua Panitia festival Misool, Jufri Macap yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa pelaksanaan festival pesona Misool merupakan dorongan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat terutama Bupati Abdul Faris Umlati.

"Festival ini tentunya memiliki tujuan guna memperkenalkan destinasi wisata ke dunia luar. Sehingga diharapkan tidak hanya dilakukan di tahun ini saja, tetapi terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang," tambah dia.

Baca juga: Masyarakat Misool Raja Ampat gembira hadirnya jaringan internet

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019