Sorong (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Sabtu, pukul 21:11 WIT tidak dirasakan oleh masyarakat setempat.

Korinus Yesnat warga pesisir Sausapor Kabupaten Tambrauw yang dihubungi dari Sorong, Sabtu pukul 22.00 WIT, mengatakan bahwa tidak merasakan guncangan gempa bumi tersebut.

Hal senada juga dikatakan oleh Dely warga Distrik Fef kabupaten Tambrauw bahwa dirinya bersama keluarga bahkan tetangga di sekitarnya tidak merasakan guncangan gempa bumi tersebut.

"Kami mendapat informasi dari media sosial yang ramai diperbincangkan bahwa kabupaten Tambrauw diguncang gempa magnitudo 6,1 namun kami tidak merasakan getaran gempa tersebut," ujar Dely

Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG Sorong menyebutkan bahwa gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 1.69 lintang Utara dan 132.90 bujur timur yang berjarak 280 km Timur Laut kabupaten Tambrauw dengan kedalaman 10 km.

Sesuai peta gempa tersebut tidak ada skala MMI sehingga tidak terasa sampai di dataran. Gempa bumi tersebut juga tidak berpotensi terjadinya tsunami di kabupaten Tambrauw.*

Baca juga: Gempa magnitudo 6,1 guncang Kabupaten Tambrauw

Baca juga: Gempa magnitudo 3,4 guncang Tambrauw, Papua Barat

Baca juga: Gempa bumi magnitudo 5,3 guncang Tambrauw

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019