Jakarta (ANTARA) - Borussia Monchengladbach tetap di puncak klasemen Liga Jerman meski kalah di tangan tuan rumah Union Berlin 2-0 pada laga pekan ke-12 yang digelar di Stadion Alte Forsterei pada Sabtu malam WIB.

Gol tunggal tuan rumah dicetak Anthony Ujah pada menit ke-15 dan Sebastian Andersson pada menit 90+1. Kekalahan ini membuat mereka hanya terpaut satu poin dari Bayern Munchen (24) yang menang atas Fortuna Dusseldorf, serta RB Leipzig yang mencukur FC Koln 4-1.

Meski menguasai jalannya pertandingan, namun mereka tidak bermain efektif. Dari 13 percobaan tendangan ke arah gawang, hanya dua yang mengarah langsung.

Gol tuan rumah dicetak Anthony Ujah pada menit ke-15 melalui sundulan kepala setelah memanfaatkan umpan matang dari Marcus Ingvartsen. Di masa injury time, Union kembali unggul setelah sundulan Sebastian Andersson, yang meneruskan umpan Julian Ryerson.

Baca juga: Arsenal datangkan Granit Xhaka dari Borussia Monchengladbach

Baca juga: Gladbach rebut kembali puncak klasemen setelah tundukkan Bremen


Pada pertandingan lain Schalke 04 merangsek ke posisi empat usai menyudahi perlawanan tuan rumah Werder Bremen di Weserstadion dengan skor tipis 1-2.

Schalke unggul 0-1 pada babak pertama melalui gol yang dicetak Amine Harit lewat sepakan melengkung di dalam kotak penalti.

Benito Raman mencatatkan namanya di papan klasemen. Berawal dari kesalahan bek Bremen yang telalu lama memegang bola, Raman mampu memotong dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Dengan mudah ia menceploskan bola.

Sementara gol balasan Bremen dicetak Yuya Osako pada menit 80. Gol itu tak bisa menghindarkan Werder Bremen keluar dari kekalahan di kandang.

Baca juga: Munchen pangkas jarak dengan pemuncak klasemen usai gilas Dusseldorf

Sementara itu Eintracht Frankfurt tidak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain, saat laga melawan Wolfsburg di kandang. Wolfsburg unggul terlebih dahulu di menit 19 lewat Wout Weghorst.

Tim tamu harus kehilangan satu pemain sejak menit 45+1 usai Marcel Tisserand diganjar kartu merah. Unggul jumlah pemain tidak bisa dimaksimalkan Frankfurt, malah mereka harus kebobolan lewat aksi Joao Victor pada menit 65.

Pertandingan lainnya yang mempertemukan Bayern Leverkusen melawan Freiburg berakhir imbang 1-1. Gol tuan rumah dicetak Lucas Holer pada menit kelima, sebelum akhirnya disamakan Moussa Diaby pada menit 36.

Sementara itu, RB Leipzig terus menguntit di posisi kedua klasemen usai melumat FC Koln dengan skor telak 4-1 di laga yang digelar di Red Bull Arena, Minggu dini hari WIB.

Timo Werner membuka keran gol Leipzig di menit 22 usai memaksimalkan umpan Christopher Nkunku. Emil Forsberg menggandakan keunggulan melalui titik penalti pada menit 32. Tak lama berselang giliran Konrad Laimer yang membobol gawang Koln, skor 3-0.

Rafael Czihoc sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-39 sebelum akhirnya Emil Forsberg kembali membawa Leipzig unggul 4-1.

Dengan hasil ini membuat Leipzig berada di posisi kedua (24) terpaut satu angka dengan Monchengladbach atau unggul selisih gol atas Bayern Munchen.

Baca juga: Leipzig lompat ke peringkat kedua setelah taklukkan Hertha

Baca juga: Freiburg kembali ke jalur kemenangan setelah tundukkan Frankfurt


Berikut hasil pertandingan Liga Jerman

Sabtu (24/11)
Borussia Dortmund 3 - Padeborn 3 (Jadon Sancho 47', Alex Witsel 84', Marco Reus 90+2'; Mamba (5', 37', Holtnann 43')
Bayern Leverkusen 1 - Freibug 1 (M. Diaby 36'; L. Holer 5')
Werder Bremen 1 - Schalke 2 (Yuya Osako 80'; Harit 43', Raman 53')
Union Berlin 2 - Borussia Monchengladbach 0 (A. Ujah 15', Andersson 90+1)
Eintracht Frankfurt 0 - Wolfburg 2 (Weghorst 19', Joao Victor 65')
Fortuna Dusseldorf 0 - 4 Bayern Munchen (Pavard 11' Tolisso 27', Gnabry 34', Coutinho 70')
Leipzig 4 - FC Koln (Tomi Werner 22', Forsberg 32'p, 79', K. Laimer 37'; R. Czichos 39')

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019