upaya kami untuk meningkatkan edukasi masyarakat terutama terkait kesehatan hewan
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya Malang berupaya untuk meningkatkan pemahaman dan edukasi masyarakat terkait kesehatan hewan, melalui penyelenggaraan Veterinary Festival 2019, di Lapangan UB Kampus 2, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Sudarminto Setyo Yuwono mengatakan, dalam penyelenggaraan Veterinary Festival 2019 kali ini, pihaknya menggandeng komunitas pecinta anjing di wilayah Malang Raya.

"Veterinary Festival ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan edukasi masyarakat terutama terkait kesehatan hewan peliharaan mereka," kata Sudarminto, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu.

Sudarminto menjelaskan, meskipun dalam penyelenggaraan Veterinary Festival 2019 pihaknya menggandeng komunitas pecinta anjing, namun para peserta yang hadir juga berasal dari berbagai kalangan komunitas pecinta hewan lainnya.

Baca juga: Kementan gandeng FAO-USAID tingkatkan penanggulangan zoonosis
Baca juga: Yogyakarta sebut 70 persen populasi hewan divaksinasi rabies


Menurut Sudarminto, ada beberapa komunitas pecinta hewan lain seperti komunitas pecinta kucing, reptil, burung, termasuk hewan-hewan eksotik yang berasal dari wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

"Selain memberikan edukasi tentang kesehatan hewan, kami juga memberikan vaksin rabies pada penyelenggaraan Veterinary Festival 2019," kata Sudarminto.

Menurutnya, ada sebanyak 300 vaksin rabies yang dibagikan kepada komunitas pecinta anjing di Malang Raya, yakni Dog Lover Malang (Doloma). Sepanjang 2019, pihak Universitas Brawijaya Malang akan membagikan 500 vaksin rabies gratis.

"Dengan adanya pemberian vaksin tersebut, kami harapkan bisa mengurangi kasus-kasus rabies yang terjadi di Malang Raya," kata Sudarminto.

Baca juga: RS Pratama dan Puskesmas Jetis jadi "Rabies Center" di Yogyakarta
Baca juga: Peringati Hari Rabies Sedunia, Sudin KPKP Jakpus bagi vaksin gratis


Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan Dinas Peternakan Kabupaten Malang Mochammad Rifai menambahkan, pihaknya juga berupaya untuk mendorong upaya pengendalian penyakit rabies melalui kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan.

"Kami juga mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin rabies tiap tahunnya. Karena, penyakit rabies ini masuk dalam golongan penyakit strategis, yang harus ditanggulangi," kata Rifai.

Ketua Doloma Rico Susanto menjelaskan, penyakit rabies pada anjing, biasanya ditemukan pada anjing yang bukan merupakan hewan peliharaan. Kebanyakan, anjing dengan penyakit rabies ditemukan pada anjing tidak terawat, terlantar, dan terbuang.

"Anjing yang terkena rabies adalah anjing yang tidak terawat, terlantar, dan terbuang. Kami juga mengkampanyekan gerakan Dog Meat Free Indonesia, atau gerakan bebas dari konsumsi daging anjing," tutup Rico.

Penyelenggaraan Veterinary Festival 2019 tersebut merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya ke-11, yang diharapkan bisa meningkatkan sinergi guna meningkatkan kesadaran masyarakat atas kesehatan hewan yang dipelihara.

Baca juga: Jimly kampanyekan pentingnya bersahabat dengan hewan
Baca juga: Penyakit bersumber dari hewan masih jadi perhatian

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019