Sleman raih Anugerah Pesona Indonesia kategori ekowisata populer

Sleman raih Anugerah Pesona Indonesia kategori ekowisata populer

Dokumen: Pesta salak pondoh Warga dan petani salak membuat replika Elang Jawa yang disusun dari buah salak di Lapangan Denggung, Sleman, Yogyakarta, Minggu (25/12). Dalam rangka rasa syukur melimpahnya panen buah salak pondoh Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Sleman melakukan promosi wisata buah asli khas Sleman dengan membuat replika Elang Jawa yang terbuat dari 1,1 ton salak dan selanjutnya dibagikan geratis kepada pengunjung. (Foto ANTARA/IRFAN ADI SAPUTRA/ags/16)

Penghargaan tersebut diraih oleh destinasi wisata baru Kampung Flory
Sleman (ANTARA) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 juara III untuk kategori Ekowisata Terpopuler.

"Penghargaan tersebut diraih oleh destinasi wisata baru Kampung Flory," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Selasa.

Menurut dia, penghargaan diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bidang Multikultural Guntur Sakti pada Jumat (22/11) malam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementrian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Dari 18 kategori yang dilombakan, Kabupaten Sleman mengikuti satu kategori yaitu Ekowisata Terpopuler dengan mengikutsertakan Kampung Flory sebagai nominator," katanya.

Baca juga: Kaltara belajar pengelolaan desa wisata di Sleman

Ia mengatakan, atas hasil tersebut pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Sleman, pelaku wisata dan pemangku kepentingan yang telah memberi dukungan atas raihan piala ini.

"Tanpa bantuan 'vote sms' dari semua pendukung, mustahil Kampung Flory dapat meraih kejuaraan ini," katanya.

Sudarningsih berharap ke depan tingkat kunjungan ke Kampung Flory semakin meningkat dan keikutsertaan kejuaraan API dapat terus digiatkan.

Baca juga: Dispar Sleman gencar sosialisasikan wisata halal

"Ini kejuaraan API yang ke-4, pada tahun 2016 Sleman belum ikut. Kemudian pada 2017 Sleman Juara I kategori obyek wisata terbaru terpopuler yaitu Taman Tebing Breksi Prambanan. Sedangkan pada 2018 Sleman mendapat juara II kategori obyek wisata baru terpopuler yaitu Lava Bantal Berbah," katanya.

Ia mengatakan, acara ini diselenggarakan oleh PT Ayo Jalan Jalan bekerja sama dengan Kemenparekraf.

"Turut menerima penghargaan dalam kesempatan tersebut ketua pengelola ekowisata Kampung Flory Sudi Hartono," katanya.

Baca juga: Pemkab Sleman gelar Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Dhika Bhayangkara resmi berseragam Persib Bandung

Komentar