Padang siapkan 16 lokasi Penas Tani Nelayan 2020

Padang siapkan 16 lokasi Penas Tani Nelayan 2020

Lokasi Penas Tani 2020 di Kota Padang (Antara/Humas Pemkot)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang menyiapkan 16 lokasi untuk perhelatan kegiatan Pekan Nasional Petani Nelayan 2020 yang dipusatkan di Komplek Pusat Pemerintahan Kantor Balai Kota Padang Air Pacah pada 20-25 Juni 2020.

"Lokasi tersebut akan digunakan untuk acara pembukaan, gelar teknologi pertanian hingga expo," kata Sekretaris Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani di Padang, Senin.

Ia merinci untuk pembukaan dan penutupan mengambil tempat di belakang kantor Balai Kota Air Pacah dengan luas area sekitar 33 ribu meter per segi.

Kemudian untuk parkir VIP disediakan lahan seluas 5.000 meter per segi di samping Kantor Balai Kota.

Berikutnya untuk kegiatan gelar teknologi tanaman buah masih di samping kantor Balai Kota dengan luas lahan yang disediakan 11.775 meter per segi.

Saat ini lokasi telah dibersihkan dan konsep rancangan desain taman buah dibuat oleh Balai Penelitian Buah dan saat ini telah ada sebagian bibit yang siap tanam dan telah dilakukan survei oleh Balitbu, lanjutnya.

Selanjutnya untuk lokasi pameran dalam ruangan disediakan lahan 21.500 meter per segi, pameran alsintan 9.000 meter persegi, expo hortikultura 11.500 meter persegi, dan gelar teknologi palawija 11.000 meter persegi.

Untuk gelar teknologi lahan basar telah dimulai demplot padi sawah MT 1 pada Desember 2018 , dengan menerapkan teknologi mulai dari pengolahan tanah sampai dengan panen oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, lanjut dia.

Saat ini juga sedang dilakukan uji varietas padi yang produktivitasnya tinggi oleh BPTP Sumbar dan sudah ditanam dan panen awal November 2019.

Berikutnya untuk Gelar teknologi perikanan telah dilaksanakan tinjauan lapangan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Sumbar dan Kota Padang dengan bentuk kerja sama hibah kepada pengelola tanah di lokasi.

Sementara untuk gelar teknologi peternakan telah dikoordinasikan dengan Dinas Peternakan Sumbar dan direncanakan pembuatan Mini Ranch.

Sedangkan untuk gelar teknologi tebu akan ditanam dengan tanaman tebu hasil persilangan yang tahan kekeringan oleh pihak perusahaan swasta yang dikoordinir oleh Panitia Penyelenggara Pusat Bidang IV dan akan ditanam akhir tahun 2019.

Terkait anggaran untuk pembukaan lahan Yoice menyebutkan Pemkot Padang mendapatkan bantuan keuangan bersifat khusus 
dari dana provinsi sebesar Rp21 miliar untuk pematangan lahan pada empat lokasi ditambah APBD Kota Padang Rp6 miliar untuk dua lokasi.

Sebanyak 30 ribu orang diperkirakan akan hadir pada Penas Tani 2020 yang merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak 1971, dan menjadi bagian yang strategis dalam upaya membangun kesepahaman diantara berbagai pemangku kepentingan sektor pertanian maupun perikanan.



Baca juga: Presiden Jokowi buka Penas KTNA di Aceh
Baca juga: Gubernur Kalteng dan tiga bupati dianugerahi lencana emas KTNA
Baca juga: KTNA: lelang online selama Penas Rp16 miliar

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar