Dumai (ANTARA) - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadilah, melepas 450 personel Batalion Infantri 133/Yudha Sakti yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia Markas Besar TNI, di dermaga A Pelindo Dumai, Senin.

Pelepasan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia Markas Besar TNI dilaksanakan dalam satu upacara pemberangkatan ke Kalimantan Barat memakai KRI Teluk Hading-538 dan akan bertugas selama sembilan bulan.

Baca juga: Pangdam I/BB lepas 400 prajurit ke perbatasan Atambua

Fadilah mengatakan, dalam melaksanakan tugas sebagai satuan pengamanan perbatasan, personel harus mampu melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan di daerah perbatasan.

“Diharap agar mampu menunjukkan prestasi yang gemilang dan terbaik, penampilan sikap dan perilaku positif sehingga kehadiran prajurit dapat diterima dan diakui dalam mengawal menjaga dan mengamankan keutuhan NKRI,” katanya.

Baca juga: Kodam I/Bukit Barisan canangkan zona integritas bebas korupsi

Pengamanan perbatasan ini bentuk kerjasama antara pemerintah Malaysia dengan Indonesia guna menjaga wilayah perbatasan dan tapal batas antar dua negara.

Sebagai prajurit terpilih sebagai personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia Markas Besar TNI, lanjutnya, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan, karena itu diminta untuk melaksanakan tugas dengan gembira dan hati yang tulus.

Baca juga: Pangdam I/Bukit Barisan: Babinsa ujung tombak TNI AD

Prajurit dipesankan juga agar memahami kultur masyarakat perbatasan, hargai adat-istiadat maupun kearifan lokal sehingga terjadi hubungan yang harmonis tanpa melupakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

"Harus mampu mengendalikan diri dengan tidak melanggar hukum dan hak asasi manusia sekecil apapun," kata dia.

Upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Dermaga A Pelindo Dumai dihadiri juga Komandan Pangkalan TNI AL Dumai, Kolonel Pelaut Wahyu Dili YH, Kepala Polres Dumai, AKBP Andri Ananta Y, Komandan Kodim 0320/Dumai, Letnan Kolonel Infantri Irdhan, dan Asisten I Setdako Dumai, Hamdan Kamal.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019