Pangkalpinang (ANTARA) - Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla meninjau potensi, kelebihan ekonomi dan proses investasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di Pulau Bangka.

"Kunjungan kali ini untuk memenuhi undangan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan untuk melihat potensi ekonomi di Pulau Bangka," kata Jusuf Kalla saat berkunjung di PMI Kota Pangkalpinang, Senin.

Kunjungan Mantan Wapres ke-10 dan ke-12 didampingi Gubernur Kepulauan Babel di Pulau Bangka diawali meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Air Anyir Kabupaten Bangka, setelah itu dilanjutkan kunjungan ke Guest House PT Timah Tbk di Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Dalam kunjungan di Guest House PT Timah Tbk di Muntok Kabupaten Bangka Barat, Gubernur Kepulauan Babel memaparkan rencana masterplan tapak pembangunan PLTG, teminal LNG, pabrik katalis dan kawasan industri di Guest House PT Timah Tbk.

Setelah itu, Ketum Palang Merah Indonesia beserta rombongan melakukan silahturahmi dengan Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kepulauan Babel, meninjau Pelabuhan Tanjung Ular dan kunjungan terakhir di Kantor PMI Kota Pangkalpinang.

"Kita melihat beberapa rencana pembangunan PLN untuk mendukung investasi dan industri di daerah ini," kata Jusuf Kalla.

Menurut dia pembangunan PLTG di Babel cukup baik dan tidak masalah, karena lebih murah dibandingkan menggunakan solar yang mahal.

"Untuk sekarang PLN akan membangun PLTU dan biaya lebih murah dibandingkan PLTD yang menggunakan bahan bakar solar," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019