SEA Games 2019

Tim bola voli percaya diri hadapi SEA Games 2019

Tim bola voli percaya diri hadapi SEA Games 2019

Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo (kanan) secara simbolis memberikan jaket kepada atlet voli putri Wilda Siti Nurfadilah (kiri) saat pelepasan Timnas Voli Pantai dan Voli Indoor putra dan putri di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (25/11/2019). PBVSI menargetkan empat medali emas saat SEA Games 2019, nomor yang diharapkan mampu menyumbang medali adalah tim voli indoor, baik putra dan putri, serta tim voli pantai, baik putra dan putri. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli indoor dan pantai Indonesia percaya diri menghadapi SEA Games 2019 Filipina setelah persiapan yang dilakukan cukup matang untuk menghadapi kejuaraan dua tahunan itu.

Bahkan, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo saat pelepasan tim di Padepokan Voli di Sentul, Bogor, Senin menargetkan sapu bersih medali emas yang disiapkan.

Cabang olahraga bola voli indoor maupun pantai SEA Games 2019 masing-masing memperebutkan dua medali emas (putra dan putri).

Menurut Imam, target yang diberikan bukan tanpa dasar karena pihaknya sudah mendapatkan masukan dari tim manajer maupun jajaran pelatih yang selama ini menangani tim bola voli indoor maupun pantai. Apalagi semua tim banyak menjalani gemblengan di luar negeri.

Baca juga: Dimas dan Yulis pemain paling senior di timnas bola voli SEA Games

"Hasil laporan para manajer baik voli indoor maupun voli pantai, dimana dilaporkan bahwa kesiapan anak didiknya sudah mencapai 100 persen. Ditambah manajer juga sudah punya data kekuatan calon lawan. Sehingga saya yakin meraih emas," kata Imam dalam keterangan resminya.

Meski memberi target yang cukup tinggi, Imam menyadari jika persaingan baik voli indoor maupun pantai bakal ketat mengingat kekuatan tim di Asia Tenggara cukup merata. Bahkan beberapa negara bisa saja memberikan kejutan.

"Untuk cabang olahraga voli saingan kita sudah pasti adalah Thailand. Sedangkan Vietnam, juga harus diwaspadai," kata mantan Irwasum Mabes Polri itu menambahkan.

Baca juga: Timnas bola voli adaptasi lapangan Tenis Indoor

Orang nomor satu di cabang olahraga bola voli ini, menambahkan ada empat faktor yang menjadi acuan untuk bisa meraih sukses di SEA Games 2019. Pertama, kata Imam, adalah semangat kebangsaan dan semangat cinta Tanah Air untuk meraih prestasi. Kedua, melalui penampilan dari hasil latihan. Komitmen kita untuk meraih medali emas, integritas tinggi.

Lalu yang ketiga, menurutnya pandai mengatur waktu. Kapan saat latihan dan kapan saat bertanding, untuk menjaga waktu istirahat. Sehingga saat bertanding mencapai peak performance. Sedangkan yang terakhir, lanjutnya, jaga nama baik bangsa ini.

"Seluruh rakyat kita pasti mendoakan kita untuk mencapai prestasi terbaik. Tentunya dengan medali emas," kata mantan Kakorbrimob itu menegaskan.

Sesuai dengan rencana, tim bola voli pantai bakal bertolak ke Filipina, Rabu (27/11), sedangkan untuk voli indoor akan berangkat dua hari berikutnya. Untuk indoor baik tim putra maupun tim putri masing-masing berkekuatan 14 pemain.

Baca juga: Empat pemain putra terdepak dari pelatnas bola voli SEA Games 2019

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Apresiasi Jabar atas venue voli indoor PON Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar