Polres Jaksel terima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak

Polres Jaksel terima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak

Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menyerahkan piagam penghargaan kepada Kapolres Metro Jakarta Selatan atas dedikasi dengan respon cepat dalam pengamanan kasus terhadap anak di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan menerima penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia atas dedikasi dan respon cepat dalam penanganan kasus anak berhadapan dengan hukum khususnya anak-anak berkebutuhan khusus.

"Respon cepat kepolisian menangani kasus anak-anak berkebutuhan khusus membantu kami dan kejaksaan dalam mempercepat pengungkapan kasus anak berkebutuhan khusus berhadapan dengan hukum," kata Arist Merdeka Sirait di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin.

Baca juga: "Kids Day Expo Lampung" jadi sarana lestarikan permainan tradisional

Baca juga: Komnas PA: Sukabumi belum ramah anak

Baca juga: Kak Seto: Perlu sinergitas lindungi anak


Menurut Arist, kasus anak berkebutuhan khusus berhadapan dengan hukum menjadi perhatian pihak Komnas PA, tindak kejahatan terhadap anak-anak terus meningkat, khususnya kejahatan asusila.

Ia mengatakan para pelaku banyak menyasar anak kebutuhan khusus karena dari sisi pengungkapan kasus sulit diungkap karena terkendala alat bukti.

"Anak-anak berkebutuhan khusus ini kan perlu perlakuan khusus juga agar keterangannya bisa didapat, dan jadi alat bukti," kata Arist.

Sepanjang tahun 2019 ini terdapat 19 kasus kejahatan melibatkan anak berkebutuhan khusus baik anak sebagai korban, pelaku maupun saksi.

Menurut Arist, Polres Metro Jakarta Selatan, bersama Reserse dan unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) telah memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

"Setiap kami mendapatkan keterangan baik sebagai bukti diserahkan kepada JPU, biasanya unit PPA dibutuhkan sebagai saksi ahli memberikan keterangan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus sampai saat ini kerja sama ini sudah berjalan baik sekali," kata Arist.

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama mengatakan pengungkapan kasus melibatkan anak seperti fenomena gunung es.

"Meski kita berhasil ungkap satu kasus, tapi kasus yang ada di dasar dan belum terungkap lebih banyak lagi," kata Bastoni.

Untuk pencegahan lanjut Bastoni, perlu dikedepankan upaya preventif, preemtif, memberikan pendidikan kepada masyarakat dan mengajar masyarakat terlibat untuk mengawasi dan melindungi anak-anaknya.

"Selain upaya represif upaya preventif dan preemtif juga kita kedepankan," kata Bastoni.

Bastoni menambahkan, pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran Polres Metro Jakarta Selatan untuk mempertahankan kinerja dalam melayani dan mengayomi masyarakat.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar