Rektor Unsyiah: Calon mahasiswa wajib daftar di LTMPT

Rektor Unsyiah: Calon mahasiswa wajib daftar di LTMPT

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal. ANTARA/M Ifdhal

peserta yang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi wajib memiliki akun LTMPT
Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Prof Samsul Rizal menyatakan calon mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) wajib mendaftar melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Setiap peserta yang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi wajib memiliki akun LTMPT dan ini harus dimiliki setiap calon peserta untuk mendaftar," katanya di sela-sela menyampaikan perubahan alur masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan untuk memiliki akun LTMPT, calon peserta dapat melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Dengan waktu registrasi akun LTMPTN dibagi menjadi dua, yaitu untuk PDSS dan SNMPTN yang mulai dibuka pada tanggal 2 Desember 2019-7 Januari 2020 dan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN pada 7 Februari-5 April 2020.

Ia menjelaskan LTMPT merupakan Lembaga yang diberi mandat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 11-25 Februari 2019, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada 30 Maret-11 April 2020, dan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) pada 2-13 Juni 2020 nanti.

Baca juga: LTMPT: UTBK belum pasti diselenggarakan lagi tahun ini
Baca juga: PTN pertimbangkan nilai UTBK sesuai pilihan prodi


Samsul Rizal yang juga Wakil Ketua I LTMPT menambahkan yang paling penting yang harus diketahui oleh calon peserta SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020.

"Proses ini baru pertama kali diterapkan di seleksi masuk PTN, karena itu kami meminta kepada seluruh siswa dan juga sekolah untuk cermat dan teliti dalam mengikuti seleksi, baik persyaratan dan ketentuannya menyusul banyaknya perubahan yang terjadi dalam seleksi PTN 2020," katanya.

Ia juga berharap calon peserta dan sekolah cermat dan teliti dalam membaca pengumuman serta mengikuti alur seleksi sehingga dapat dapat menghindari kekeliruan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi siswa dan sekolah.

Samsul juga menambahkan untuk calon mahasiswa baru dapat memantau dan mengikuti informasi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id dan jika mengalami kendala dapat menghubungi helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id atau Humas Unsyiah ÿ0811 6752 000.

Baca juga: Rektor Unsyiah: Rangking siswa peserta SNMPTN dilakukan sekolah
Baca juga: Puluhan wirausaha muda Unsyiah dilatih branding produk

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah Aceh serahkan 23 sertifikat halal bagi pelaku usaha

Komentar