Busan-Korea (ANTARA) - Presiden Joko Widodo pada hari keempat kunjungan kenegaraannya di Busan, Korea Selatan, akan menghadiri KTT ASEAN-Republik of Korea (ROK) dan melakukan peninjauan serta kunjungan, di antaranya ke pabrik Hyundai di Busan.

"Untuk acara Selasa akan penuh KTT ASEAN-ROK. Jadi, ada tiga sesi," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan di Lotte Hotel Busan, Korsel, Senin (25/11) malam.

Menlu menjelaskan bahwa acara KTT ASEAN-ROK untuk memperingati 30 tahun hubungan negara-negara ASEAN dengan Korea ini dibagi tiga sesi.

Untuk sesi pertama, akan bicara mengenai ASEAN-ROK, para pemimpin akan membahas mengenai evaluasi 30 tahun kerja sama ke belakang dan apa yang akan dilakukan atau diinginkan oleh para pemimpin untuk kerja sama 30 tahun mendatang.

Baca juga: Airlangga: Korean Exim akan selesaikan pendanaan proyek PLTU Suralaya

Baca juga: Bertemu CEO Korea, Jokowi: Iklim investasi Indonesia semakin menarik

Baca juga: Saat bilateral, Jokowi sebut Presiden Korsel Moon sebagai "kakak"


Untuk sesi kedua, kata Retno, membahas mengenai masalah konektivitas. Ketiga, sesi retreat yang akan membahas mengenai masalah situasi kawasan dan global.

Usai menghadiri KTT ASEAN-ROK, kata Retno, Presiden Jokowi akan melakukan beberapa peninjauan, antara lain ASEAN Rok start up summit, ASEAN ROK summit Inovition show case 2019.

"Terakhir, Presiden sebelum berangkat menuju Jakarta akan melakukan peninjauan ke pabrik Hyundai," kata Retno.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019