Kendari (ANTARA) - Mabes Polri menurunkan tim studi kelayakan untuk menilai usulan perubahan tipe Polda Sulawesi Tenggara dari tipe B ke tipe A demi optimalisasi pelayanan masyarakat.

Kapolda Sultra Brigjen Pol. Merdisyam di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa Polda Sultra telah memenuhi berbagai syarat untuk berubah ke tipe yang lebih tinggi.

"Dari segi luas wilayah hingga jumlah polres di masing-masing daerah yang memegang fungsi cukup penting dalam mendukung kinerja organisasi institusi Polri," kata Kapolda Merdisyam.

Baca juga: Kapolri kukuhkan Polda Sulteng jadi Tipe A

Perubahan tipe Polda Sultra menjadi tipe A diwacanakan sejak lama, atau pada masa kepemimpinan Kapolda Brigjen Pol. Iriyanto pertengahan 2018.

Selain luas wilayah pelayanan, kata dia, juga tingkat kerawanan dan potensi yang mengancam gangguan kamtibmas dapat menjadi pertimbangan untuk naik kelas menjadi tipe A.

Beberapa potensi gangguan, di antaranya konflik sosial serta unjuk rasa sekala besar dan adanya beberapa kelompok radikal.

Merdisyam menyebutkan Sultra memiliki potensi sumber daya alam, baik di daratan maupun perairan, melimpah yang membutuhkan sinergitas bersama jajaran pemerintah daerah.

Baca juga: Tingkatkan pelayanan Polda Bengkulu jadi bertipe A

"Konflik sosial, budaya, dan kesenjangan ekonomi masyarakat merupakan pemicu terjadinya gangguan kamtibmas," tuturnya.

Letak geografis Sultra yang strategis menjadi urgen karena menjadi pintu masuk kejahatan lintas batas (transregional crime), seperti peredaran narkoba.

Polda Sultra yang diperkuat 7.040 personel atau terpenuhi 45,17 persen terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan meningkatkan peran dan inovasi jajaran polres.

Ia menambahkan bahwa peningkatan tipologi telah memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Perubahan Tipe Kesatuan Kewilayahan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 
Pejabat utama Polda Sultra dan jajaran mengikuti pemaparan kelayakan perubahan tipe Polda Sultra, Selasa (26-11-2019). ANTARA/Sarjono


Ketua Tim Studi Kelayakan Brigjen Pol. Yasdan Rivai mengatakan bahwa perubahan tipe polda merupakan prioritas dari Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis yang telah dipaparkan di Komisi III DPR RI.

"Sebanyak 17 polda sudah naik tipe A, termasuk Polda Sultra," kata Yasdan.

Ia menekankan bahwa personel Polda Sultra harus menyiapkan dengan sebaik-baiknya perubahan tipe ini.

Baca juga: Polda DIY dan Banten naik jadi tipe A

"Usulan perubahan tipe akan diverifikasi Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana di Kemenpan RB. Bila disetujui, barulah perubahan tipe terwujud," ujarnya.

Pemaparan kelayakan peningkatan tipe Polda Sultra yang dipimpin Kepala Biro Kelembagaan dan Tata Laksana (Karo Lemtala) Srena Polri Brigjen Pol. Yasdan Rivai dihadiri Kapolda Sultra Brigjen Pol. Merdisyam, Wakapolda Kombes Pol. Yan Sultra Indrajaya, pejabat utama, dan para kapolres se-Sultra.

Pewarta: Sarjono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019