Menteri Edhy dan Dubes Ibnu bahas Forum Maritim Indonesia-Portugal

Menteri Edhy dan Dubes Ibnu bahas Forum Maritim Indonesia-Portugal

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat bertemu Dubes Indonesia untuk Portugal, Ibnu Wiwoho Wahyutomo, di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (26/11/2019). ANTARA/HO KKP

Kami mendukung pembentukan Indonesia-Portugal Maritime Forum dan menyatakan siap menandatangani MoU kerja sama apabila diperlukan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membahas pembentukan Forum Maritim Indonesia-Portugal yang bermanfaat untuk potensi kerja sama kelautan dan perikanan antara kedua negara tersebut.

"Kami mendukung pembentukan Indonesia-Portugal Maritime Forum dan menyatakan siap menandatangani MoU kerja sama apabila diperlukan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat bertemu Dubes Indonesia untuk Portugal Ibnu Wiwoho Wahyutomo di Kantor KKP, Jakarta, Selasa.

Menteri Edhy Prabowo mengutarakan harapannya agar kerja sama dengan Portugal dapat diarahkan kepada peningkatan kemampuan pemasaran produk kelautan dan perikanan Indonesia, baik di pasar domestik maupun mancanegara.

Sementara itu Dubes Ibnu menyebut Indonesia dan Portugal memiliki kesamaan platform dokumen kelautan yaitu Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) dan Portugal National Ocean Strategy (NOS) 2013-2020.

Portugal pun menyambut baik inisiasi Pemerintah Indonesia untuk membentuk Indonesia-Portugal Maritime Forum yang dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama.

Sebagai tindak lanjut hal tersebut, KBRI Portugal telah menyusun draf MoU Kerja Sama Maritim RI-Portugal dan akan dibahas di dalam negeri dengan kementerian/lembaga beberapa waktu ke depan.

Sementara itu, terkait rencana kerja sama maritim, Dubes Ibnu menyampaikan lima usulan kerja sama konkret dari Portugal.

Kerja sama tersebut di antaranya pengembangan turbin laut/floating wind turbine, serta peningkatan kapasitas nelayan, salah satunya melalui standardisasi dan atau sertifikasi nelayan/ABK yang sedang dan akan bekerja di Portugal.

Kemudian kerja sama lainnya adalah inovasi perusahaan start-up bidang kelautan, teknologi pemantauan IUU Fishing, dan pengembangan ocean farming.

"Portugal berharap dapat belajar dari Indonesia untuk ocean farming," tutur Dubes Ibnu.

Dubes Ibnu juga mengungkapkan Portugal juga akan menyelenggarakan Ocean Meeting 2020 dan mengundang Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk dapat hadir.

Baca juga: Menteri Edhy Prabowo: Jangan ragukan SDM perikanan Indonesia

Baca juga: Menteri Edhy Prabowo ajak anak muda terlibat budi daya perikanan



 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar