Saya tidak masalah kalau DPP membuat SE terkait jalur khusus pendaftaran bakal calon di DPD PDIP dan DPP PDIP di pilkada serentak
Solo (ANTARA) - Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo tidak mempermasalahkan dikeluarkannya surat edaran (SE) Nomor 918/IN/DPP/XI/2019 tanggal 21 November 2019 perihal Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020.

"Saya tidak masalah kalau DPP membuat SE terkait jalur khusus pendaftaran bakal calon di DPD PDIP dan DPP PDIP di pilkada serentak," kata Wali Kota Surakarta ini di Solo, Selasa.

Menurut dia, keberadaan SE harus dihargai dan dihormati. Oleh karena itu, ia tidak mempermasalahkannya.

Baca juga: Puluhan organisasi bermunculan dukung Gibran Pilkada Surakarta

Meski demikian, ia mengaku hingga saat ini belum membaca SE tersebut. Menurut dia, jika SE tersebut memang ada maka pasti akan sampai ke tingkat DPC.

"Sebelumnya memang belum pernah ada aturan itu, tetapi kalau melihat sekilas SE DPP PDIP tersebut dengan ditandatangani Ketua DPP PDIP Jawa Tengah dan Bapilu DPP PDIP sah," ucapnya.

Baca juga: Maruarar: Gibran figur unik maju Pilkada Surakarta

Sebagaimana diketahui, pada SE tersebut DPP PDIP menegaskan pengambilan formulir dokumen pendaftaran bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dapat dilakukan melalui pintu DPD dan DPP PDIP.

Sementara itu, meski menghormati, namun ia mengaku heran dengan keberadaan SE tersebut.

"Baru kali ini ada SE seperti itu. Selama ini penjaringan ya penjaringan. Calonnya lebih dari satu bisa, itu pun yang mendaftar bakal calonnya sepasang. Yang jelas saya tidak mau berandai-andai, rekomendasi terserah ketua umum," ujarnya.

Menurut dia, tugas Ketua DPC PDIP Surakarta dalam melakukan penjaringan di Pilkada kota Surakarta telah selesai. Pada penjaringan tersebut diperoleh hasil usulan dari lima Pengurus Anak Cabang (PAC) dan diteruskan ke DPC, yaitu menugaskan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai cawali dan cawawali di Pilkada kota Surakarta 2020.

Baca juga: Gibran pastikan ikuti tahapan terkait Pilkada

Baca juga: PDIP Jateng belum berkomunikasi dengan Gibran terkait Pilkada Solo

Baca juga: DPC PDIP persilakan Gibran jika daftar DPD/DPP

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019