Akses jalan ke Kota Pasirpangaraian Rokan Hulu lumpuh akibat banjir

Akses jalan ke Kota Pasirpangaraian Rokan Hulu lumpuh akibat banjir

Banjir menggenangi Kota Pasirpangaraian di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Selasa (26/11/2019). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Rohul)

Akibat banjir tersebut, akses jalan lintas Riau-Sumatera Utara di Kawasan Simpang Supra Jalan Tuanku Tambusai juga sulit untuk dilalui kendaraan bermotor
Pekanbaru (ANTARA) - Banjir akibat hujan deras dan meluapnya Sungai Batang Lubuh menggenangi akses jalan ke Kota Pasirpangaraian, Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

"Air Sungai Batang Lubuh mulai naik sejak dua hari lalu, dan pada pagi tadi makin naik hingga ke badan jalan," kata seorang warga, Hams (32), ketika dihubungi dari Pekanbaru, Selasa malam.

Ia menyatakan ketinggian air bervariasi sekitar 30 centimeter hingga ada yang mencapai kedalaman 2,5 meter. Akibat banjir tersebut, akses jalan lintas Riau-Sumatera Utara di Kawasan Simpang Supra Jalan Tuanku Tambusai juga sulit untuk dilalui kendaraan bermotor.

Aktivitas warga juga terganggu akibat banjir, ditambah lagi aliran listrik PLN di daerah tersebut padam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Zulkifli Said menyatakan sudah mengirimkan petugas dilengkapi tiga perahu fiber untuk membantu warga di daerah banjir.

"Kita bantu mengevakuasi masyarakat disana yang membutuhkan pertolongan," kata Zulkifli kepada wartawan.

Berdasarkan data Kantor Basarnas Pekanbaru, banjir melanda Kabupaten Rohul sejak Minggu (24/11). Banjir karena meningkatnya intensitas hujan lokasinya tersebar di Kecamatan Rambah, yakni di Desa Rambah Tengah Hulu (Pawan), Desa Tanjung Belit (Tanjung Pauh), Desa Babussalam, Desa Pematang Berangan, dan Kelurahan Pasirpangaraian.

Kemudian banjir juga terjadi di Kecamatan Rokan IV Koto, yakni di Desa Rokan Koto Ruang, Desa Cipang Kanan (Kubang Buaya), Desa Tanjung Medan, dan Kelurahan Rokan.

Warga yang menjadi korban banjir di Rohul diperkirakan mencapai 849 kepala keluarga (KK) atau setara 3.116 jiwa. Banjir merendam beberapa fasilitas sosial seperti masjid, dan akses jalan terputus.

Basarnas Pekanbaru menurunkan personel yang dilengkapi perahu karet untuk mengevakuasi warga dan membantu menyalurkan bantuan.

Baca juga: Tim penyelamat gendong manula evakuasi korban banjir Rokan Hulu

Baca juga: Diterjang banjir, ratusan rumah di Rokan Hulu terendam

Baca juga: Sekolah di Rokan Hulu, Riau diliburkan karena banjir

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Provinsi Riau bersiap mewaspadai ancaman bencana alam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar