Pengusaha jadi garda terdepan kerja sama Indonesia-Polandia

Pengusaha jadi garda terdepan kerja sama Indonesia-Polandia

KBRI Polandia menggelar acara Year-End Business Gathering dengan pelaku usaha Polandia di Warsawa, Senin (25/11/2019) . (ANTARA/HO/KBRI untuk Polandia)

diperkirakan pada 2019 volume perdagangan bilateral meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya
London (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah, mengatakan pengusaha menjadi garda terdepan dalam kerja sama bilateral yang konkret antara Indonesia dan Polandia.

Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Indonesia, ia menyampaikan apresiasi kepada para pengusaha Polandia di Warsawa, Senin (25/11).

Dubes Siti Nugraha Mauludiah yang seringkali dipanggil Dubes Nining tersebut, menyampaikan hal itu dalam acara Year-End Business Gathering dengan pelaku usaha Polandia.

Ia menyampaikan apresiasi atas kerja sama dalam bentuk kontrak dagang, kegiatan ekspor-impor, penanaman investasi, pembentukan joint-venture, dan kerja sama ekonomi lainnya antara pengusaha kedua negara.

Ia juga menggarisbawahi tentang kunjungan Menteri Luar Negeri RI ke Polandia, September lalu, yang memberikan dampak signifikan bagi kerja sama ekonomi kedua negara, di mana Menlu melakukan dialog dengan CEO terkemuka di Polandia.

Meskipun data perdagangan bilateral Indonesia-Polandia pada 2019 belum dirilis Badan Pusat Statistik, data periode Januari-Oktober 2019 menunjukkan volume perdagangan kedua negara naik 11,68 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018. Dengan memperhatikan tren itu, diperkirakan pada 2019 volume perdagangan bilateral meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Polandia tertarik berinvestasi di Belitung Timur

Menurut Counsellor Ekonomi KBRI di Warsawa, Taufiq Lamsuhur, salah faktor pendorong peningkatan volume perdagangan bilateral itu, adanya sektor baru yang berkembang menambah sektor-sektor kerja sama tradisional yang telah ada.

Ia menyebut sektor tersebut di antaranya farmasi, kesehatan, kecantikan, serta ketenagakerjaan.

Di bidang investasi, nilai investasi Polandia pada periode Januari-September tahun ini tercatat 650 ribu dolar Amerika Serikat untuk 20 proyek investasi di Indonesia. Nilai itu memang tidak sebesar nilai investasi Polandia di Indonesia pada 2018 dan 2017. Namun, Polandia termasuk salah satu negara yang memiliki catatan investasi di Indonesia setiap tahun.

Untuk kunjungan wisata dari Polandia ke Indonesia pada periode Januari-September tercatat 30.368 orang. Angka itu, bahkan mendekati angka 2018 berjumlah 31.471 orang. Dengan sisa tiga bulan lagi, terdapat optimisme akan terjadi peningkatan pada 2019.

Kegiatan akhir tahun dengan pengusaha Polandia dihadiri sekitar 65 pengusaha lokal yang bergerak di berbagai bidang, antara lain pariwisata, kesehatan, pertanian, industri pertahanan, ketenagakerjaan, dan industri kreatif.

Para pengusaha berkesempatan melakukan diskusi dengan Dubes Nining dan staf KBRI terkait dengan pengalaman bisnis dengan mitra Indonesia, baik sifatnya cerita sukses maupun keluhan atau masukan.

Baca juga: Polandia ingin ambil bagian dalam pembangunan infrastruktur Indonesia
Baca juga: Indonesia jajaki pasar Polandia di Polagra Food Fair


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Egy Maulana gabung klub sepakbola Polandia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar