Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen menjaga asa lolos ke fase gugur Liga Champions, mendampingi Juventus, usai mengalahkan Lokomotiv Moscow 2-0 pada laga Grup D Liga Champions di RZD Arena, Moscow, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan Leverkusen tercipta melalui gol bunuh diri Rifat Zhemaletdinov pada menit ke-11 dan gol indah Sven Bender pada menit 54, demikian catatan resmi UEFA.

Dengan hasil ini, Leverkusen masih membuka peluang lolos ke fase gugur Liga Champions, dengan catatan, Atletico Madrid kalah dari Juventus di Turin pada laga yang digelar satu jam setelah pertandingan ini.

Datang ke RZD Arena, Leverkusen mengusung misi terus menjaga asa bisa lolos, setelah pada pertandingan terakhir sukses menjungkalkan Atletico Madrid.

Hasil imbang di liga domestik melawan Freiburg, mesti dibalas dengan kemenangan di Liga Champions. Sebaliknya Lokomotiv Moscow seharusnya lebih santai. Apalagi kemenangan pertama mereka di Liga Champions ketika bertandang ke BayArena, September lalu.

Baca juga: Jadwal Liga Champions: Tottenham dan Man City di ambang kelolosan

Pada sepuluh menit awal, Lokomotiv Moscow langsung menggebrak pertahanan Leverkusen lewat skema satu dua Miranchuk bersaudara. Berhasil melewati bek lawan, Alecksey sempat menceploskan bola sebelum akhirnya hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Leverkusen yang ditekan justru mampu unggul lebih dulu di menit ke-11. Berawal dari sepakan sudut dan terjadi kemelut di depan mulut gawang, Zhemaletdinov yang berniat menyapu bola malah mengenai kaki Leon Bailey dan malah masuk ke gawang sendiri.

Dua menit berselang Leverkusen hampir menggandakan keunggulan lewat sepakan bebas Kerem Demirbay. Namun Guilherme masih bisa menepisnya dan bola pun keluar lapangan.

Gol kedua Leverkusen terjadi di menit 54. Berawal dari sapuan bola tendangan bebas, Ignatjev kemudian memberikan umpan cungkil kepada Bender yang langsung menyerobot lewat sepakan voli.

Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda pertandingan terakhir skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan Bayer Leverkusen. Dengan hasil ini membuka asa mereka untuk lolos ke fase gugur sembari berharap Atletico kalah dalam pertandingan melawan Juventus.

Baca juga: Hadapi Juventus, Diego Simeone waspadai ancaman dari Cristiano Ronaldo

Berikut susunan pemain:
Lokomotiv (4-4-1-1): Guilherme; Vladislav Ignatjev, Benedikt Howedes, Vedran Corluka, Maciej Rybus; Rifat Zhemaletdinov (Daniil Kulikov), Gregorz Krychowiak, Dimitri Barinov, Anton Miranchuk; Alecksey Miranchuk; Eder (Fedor Smolov).
Pelatih: Yuri Semin

Leverkusen (4-2-3-1): Lukas Hradecky; Panagiotis Retsos, Jonathan Tah, Sven Bender, Wendell; Kerem Demirbay (Lars Bender), Charles Aranguiz; Karim Bellarabi (Alario), Kevin Volland, Moussa Diaby; Leon Bailey (Julian Baumgartlinger).
Pelatih: Peter Bosz

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019