Pasar saham Australia dibuka datar karena investor bersikap hati-hati

Pasar saham Australia dibuka datar karena investor bersikap hati-hati

Harga saham Rio Tinto terlihat di papan utama gedung Australian Securities Exchange di Sydney, Australia (Reuters)

Prospek pertumbuhan yang lebih baik ditandai dengan kenaikan logam industri dan harga energi yang bertentangan dengan penurunan imbal hasil obligasi
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka cenderung datar pada perdagangan Rabu pagi, karena para investor bersikap hati-hati menjelang rilis data ekonomi internasional.

Pada pukul 10.20 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 sedikit menguat 4,60 poin atau 0,06 persen menjadi 6.792.10 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 5,20 poin atau 0,07 persen pada 6.895,00 poin.

"Dukungan semalam dibungkam. Prospek pertumbuhan yang lebih baik ditandai dengan kenaikan logam industri dan harga energi yang bertentangan dengan penurunan imbal hasil obligasi," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy kepada investor dalam catatan pagi.

"Dolar AS bergerak lebih tinggi serta pound dan dolar Australia terlihat melemah. Saham-saham Eropa dan AS datar hingga lebih tinggi pada volume yang secara signifikan lebih kuat."

Dengan pasar Asia Pasifik melihat awal yang hati-hati untuk melakukan perdagangan menjelang sejumlah rilis data penting selama 24 jam ke depan, McCarthy menambahkan bahwa “aktivitas perumahan AS yang lebih baik dari yang diharapkan memberikan petunjuk positif ke dalam keuntungan industri China, angka konstruksi Australia, PDB AS dan barang tahan lama malam ini”.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,07 persen, Westpac Bank turun 1,13 persen, National Australia Bank turun 0,34 persen dan ANZ turun 0,04 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar meningkat dengan BHP naik 0,58 persen, Rio Tinto naik 0,54 persen, Fortescue Metals turun 0,66 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,59 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas sebagian besar lebih lemah dengan Woodside Petroleum turun 0,41 persen, Santos naik 0,12 persen dan Oil Search turun 0,21 persen.

Rantai supermarket terbesar di Australia beragam dengan Coles Group turun 0,06 persen dan Woolworths naik 0,28 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 1,11 persen, maskapai nasional Qantas kehilangan 0,28 persen dan perusahaan biomedis CSL merosot 0,76 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia reli untuk hari kedua berturut-turut
Baca juga: Pasar saham Australia dibuka menguat dengan keuntungan luas

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar