Ada tuduhan korupsi yang muncul di koran-koran dan dia tidak suka itu
Jakarta (ANTARA) - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan penyelidikan terhadap masalah-masalah yang mengganggu ketuan-rumahan Filipina pada SEA Games tahun ini, termasuk berbagai tudingan tidak profesionalnya panitia yang memalukan negeri itu yang ditengarai berbagai kalangan akibat dari korupsi.

Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengungkapkan Duterte tidak senang saat mengetahui pengalaman tidak mengenakkan atlet-atlet asing yang tidak dijamu dengan pantas serta mengalami kesulitan dalam akomodasi dan transportasi begitu tiba di Filipina.

"Ada tuduhan korupsi yang muncul di koran-koran dan dia tidak suka itu. Dia ingin menginvestigasi itu. Dia tak menoleransi korupsi," kata Panelo dalam sebuah wawancara Rabu seperti dikutip Philippine Star dalam lamannya.

Panelo sebelumnya menyatakan klaim penyambutan buruk yang dialami atlet asing tidaklah serius.

Baca juga: NOC Indonesia siap bantu tuan rumah SEA Games 2019

Dia mengatakan penyelidikan dugaan korupsi ini mencakup semua penyelenggara, termasuk Ketua DPR yang juga ketua Komite Penyelenggara SEA Games Filipina (PHISGOC) Alan Cayetano.

Kantor Kepresidenan akan menggelar penyelidikan, kata dia, yang termasuk semua aspek, mulai dari penginapan atlet, konstruksi kaldron yang menghabiskan dana 45 juta peso.

Ketika ditanya apakah penyelidikan itu muncul setelah tersebarnya kekacauan penyelenggaraan, Panelo menjawab, "President mengatakan seandainya ada (korupsi), mereka harus bertanggung jawab."

Menurut Philippine Star, di antara masalah yang timbul menjelang dibukanya SEA Games adalah kekacauan dalam transportasi atlet, makanan yang tidak layak, tidak tersedianya makanan halal untuk atlet Muslim, beberapa venue yang belum selesai, pusat media dan fasilitas pemain.

PHISGOC sudah meminta maaf atas kekacauan yang terjadi dan berjanji untuk "ke depan lebih baik lagi ."

Sementara itu di Twitter akun SEA Games 2019 masih diberondong dengan keluhan dan kritik atas penyelenggaran event Asia Tenggara ini, baik dari luar Filipina maupun dari dalam negeri sendiri.

Namun beberapa netizen berusaha menepis kabar buruk yang dalam beberapa hari terakhir ini diekspos oleh sejumlah media, termasuk Singapura.

Baca juga: Kontingen Indonesia mulai bertolak ke Filipina

Baca juga: Catatan prestasi Indonesia di SEA Games dari tahun ke tahun


Netizen berakun artysfridz mencuit bahwa "terlalu dini mengatakan SEA Games 2019 gagal." Dia meminta warga Filipina mendukung atletnya sukses dalam event ini, dan tidak terganggu oleh apa yang disebutnya dengan kabar bohong atau fake news.

Sedangkan akun seseorang dari Filipina bernama Ciemny Aniol menyatakan, "97 persen rakyat Filipina mendoakan SEA Games 2019 berhasil...3 persen mendoakan gagal."
 
Baca juga: Ridjkie Mulia pembawa bendera Merah Putih di pembukaan SEA Games 2019

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019