Hujan angin terjang Rangkasbitung, puluhan pohon roboh

Hujan angin terjang Rangkasbitung, puluhan pohon roboh

Sejumlah pohon roboh diterjang angin kencang saat hujan lebat dan sambaran petir menerjang wilayah Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (27/11/2019). ANTARA/HO-BPBD Lebak/aa.

Kami belum bisa melakukan pendataan pohon yang roboh maupun kerusakan rumah, karena jumlahnya cukup banyak hingga puluhan
Lebak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menyatakan hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir yang menerjang wilayah Kota Rangkasbitung, Rabu siang, dipastikan menyebabkan puluhan pohon roboh dan juga merusak rumah masyarakat.

"Kami belum bisa melakukan pendataan pohon yang roboh maupun kerusakan rumah, karena jumlahnya cukup banyak hingga puluhan," kata Suhada, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Rabu.

Cuaca buruk yang melanda wilayah Kota Rangkasbitung dan sekitarnyaitu berdampak pada robohnya puluhan pohon dan juga menimbulkan kerusakan rumah warga.

BPBD Lebak belum bisa melakukan pendataan karena para petugas SAR juga tengah mempersiapkan untuk simulasi tsunami di pesisir selatan Lebak.

"Peristiwa hujan lebat disertai angin kencang terjadi pukul 14.20 WIB, namun beruntung tidak menimbulkan korban jiwa," kata Suhada.

Ia mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan petir mengakibatkan puluhan pohon tumbang di sejumlah ruas jalan di Kota Rangkasbitung.

Bahkan, dua sepeda motor di Jalan Sentral tertimpa pohon trembesi yang roboh hingga kendaraan tersebut mengalami kerusakan.

Diprakirakan cuaca buruk tersebut berlangsung selama 30 menit. Pihak BPBD hingga kini belum menerima laporan korban jiwa.

Namun, pihaknya menerima laporan masyarakat yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan, seperti bagian atap genteng roboh akibat diterpa angin kencang.

"Kami minta masyarakat mewaspadai cuaca buruk itu sehubungan memasuki masa perubahan dari kemarau ke musim hujan," katanya.

Menurut dia, memasuki masa perubahan masyarakat agar mewaspadai bencana, terutama bencana banjir, longsor, angin kencang dan sambaran petir.

Begitu juga warga yang tempat kediamannya terdapat pohon agar dilakukan penebangan karena memasuki masa perubahan terjangan angin cukup besar.

Petugas BPBD saat ini tengah melakukan pemotongan pohon roboh di ruas Jalan Sunankalijaga, Multatuli, Alun-alun Multatuli, IR Djuanda dan Sentral Rangkasbitung.

"Kami berharap sore ini ditargetkan menyelesaikan penebangan pohon tumbang agar arus lalu lintas berjalan lancar," demikian Suhada.

Baca juga: Hujan lebat disertai angin kencang terjang Lebak

Baca juga: BPBD Lebak siaga hadapi bencana

Baca juga: 1.500 warga Rangkasbitung mengungsi akibat banjir

Baca juga: BPBD Lebak waspadai intensitas curah hujan tinggi

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tersedia parkir khusus disabilitas di Stasiun MRT Lebak Bulus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar