Jakarta (ANTARA) - Cabang olahraga Triathlon menargetkan meraih medali emas di ajang SEA Games 2019 Filipina sekaligus mengumpulkan poin agar bisa berlaga di Olimpiade 2024 Paris, Prancis.

Dalam perhelatan olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, timnas Triathlon menurunkan empat atlet berbakatnya yakni Jauhari Johan (32), Eva Desiana (29), M. Ahlul Firman (21), dan Nethavani Octarina (18).

"Berdasarkan data yang ada, Jauhari Johan dan Eva Desiana berpeluang meraih medali emas dan perak di Duathlon. Di Triathlon, Ahlul Firman dan Nethavani masing-masing berpotensi meraih medali perak, dan untuk mixed relay kita harapkan bisa mendapat medali perak," ujar manager timnas Triathlon, Akbar Nasution, dalam siaran tertulisnya, Rabu.

Persiapan menuju SEA Games sendiri dilakukan dengan menggelar serangkaian pemusatan latihan di Bandung dan Malang. Ia yakin dengan kemampuan para atletnya serta penempaan kekuatan fisik dan mental, Triathlon bisa mengibarkan bendera Indonesia.

"Persiapan kami sudah oke, yang utama adalah menyiapkan mental," kata dia.

Pelaksanaan SEA Games juga akan dimaksimalkan untuk mengumpulkan poin demi bisa berlaga di Olimpiade 2024 Paris, Prancis. Ahlul dan Nethavani menjadi andalan Indonesia untuk mengumpulkan poin tersebut.

"Karena hasil maksimal di pesta olahraga Asia Tenggara ini bisa menambah poin individu para atlet untuk lolos ke Paris," kata dia.

Ia mengakui bahwa cabang olahraga ini memang terbilang masih sangat baru di Indonesia dan menaruh harapan semakin banyak orang yang menaruh minat untuk terjun dalam cabor ini.

"Apabila semakin banyak yang menaruh minat, maka dukungan yang bisa diberikan para atlet yang berjuang untuk bangsa dan negara juga semakin tinggi," katanya.

Baca juga: Jauhari Johan siap kembali berprestasi di SEA Games

Baca juga: Jauhari Johan juara triathlon Bima

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019