Juliari sebut program Kemensos berhasil bukan karena menteri hebat

Juliari sebut program Kemensos berhasil bukan karena menteri hebat

Menteri Sosial Juliari P Batubara saat memberikan arahan pada PKH Appreciation Day di Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (27/11/2019) (ANTARA/Desi Purnamawati)

Makassar (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, jika program-program di Kementerian Sosial berhasil dilaksanakan bukan karena menterinya yang hebat tapi karena sumberdaya manusianya.

"Kalau Kemensos berhasil bukan karena menterinya yang hebat, tetapi karena SDM yang ada di Kemensos yang hebat," kata Mensos Juliari pada malam penghargaan PKH Appreciation Day di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengatakan, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yaitu membentuk SDM yang unggul. Salah satunya lewat program Kementerian Sosial yaitu Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca juga: Kemensos beri apresiasi SDM PKH

"Kalau kita tidak jadi SDM unggul, percayalah negara kita yang kita cintai akan semakin tertinggal. Kita lihat negara tetangga kita bisa lebih maju dari kita sekarang," katanya.

Menurut dia, apa yang dilakukan Kemensos lewat PKH adalah untuk memerangi kemiskinan secara konkret dan nyata.

"Oleh karena itu, ketika saya ditugaskan Presiden jadi Mensos, saya konsolidasi di internal dan saya bilang keberhasilan saya memimpin Kementerian Sosial adalah pemberian bantuan sosial yang makin lama semakin sedikit. Bukan makin banyak. Kalau makin banyak berarti tidak sukses," tambah dia.

Baca juga: Mensos sebut nilai BPNT 2020 naik jadi Rp150 ribu

Keberhasilan Kemensos adalah program yang sifatnya bantuan sosial, makin ke depan makin sedikit. Hal tersebut bukan karena tidak ada anggarannya, tetapi yang sebelumnya miskin sudah menjadi sejahtera yaitu sudah graduasi dari PKH.

PKH merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang berkontribusi pada penurunan kemiskinan. Saat ini PKH menjangkau 10 juta Keluarga Penerima Manfaat.

Sebagai upaya memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang mendukung PKH, Kemensos menyelenggarakan PKH Appreciation Day kepada mitra seperti media massa salah satunya LKBN ANTARA sebagai media online yang memberitakan PKH secara masif.

Baca juga: LKBN ANTARA raih penghargaan Kemensos untuk pemberitaan intensif PKH

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pemerintah provinsi, SDM teladan PKH, Keluarga Penerima Manfaat PKH graduasi sejahtera mandiri tingkat nasional dan anak PKH berprestasi tingkat nasional kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh pihak baik pemerintah pusat dan daerah serta peningkatan kinerja SDM untuk mewujudkan graduasi mandiri bagi Keluarga Penerima Manfaat," kata Harry Hikmat.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi naikkan bantuan PKH untuk ibu hamil jadi Rp3 juta per tahun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar