Liga Champions

Zenit tunda kelolosan Lyon sembari jaga asa melaju

Zenit tunda kelolosan Lyon sembari jaga asa melaju

Kiper Lyon Anthony Lopez gagal menepis bola sundulan penyerang Zenit St.Petersburg Artem Dzyuba dalam laga lanjutan Liga Champions di Stadion Krestovsky, Rusia, Rabu (27/11/2019). (ANTARA/REUTERS/Anton Vaganov)

Jakarta (ANTARA) - Zenit St. Petersburg menunda kelolosan Olympique Lyon dari penyisihan Grup G Liga Champions setelah menundukkan tamunya itu 2-0 di Stadion Krestovsky, Rusia, Rabu setempat (Kamis WIB), sembari menjaga asa mereka sendiri untuk melaju ke fase gugur.

Dua gol Zenit masing-masing disumbangkan Artem Dzyuba pada menit ke-42 serta gol Magomed Ozdoev enam menit jelang bubaran, demikian catatan resmi UEFA.

Baca juga: Tekuk Benfica 3-1, Lyon hidupkan peluang tembus 16 besar

Baca juga: Gasak Zenit 2-0, RB Leipzig puncaki Grup G


Hasil tersebut membuat Zenit menggusur Lyon dari posisi kedua Grup G. Meski sama-sama mengumpulkan tujuh poin, wakil Rusia itu unggul berkat satu kemenangan dari dua pertemuan.

Nasib keduanya bakal ditentukan di laga pemungkas, dua pekan lagi saat Zenit melawat ke markas Benfica dan Lyon menjamu RB Leipzig.

Lyon tiba di Rusia dengan modal kemenangan 2-1 atas OGC Nice di Liga Prancis yang menambah motivasi untuk bisa memastikan kelolosan ke fase gugur jika berhasil mengatasi Zenit.

Akan tetapi Zenit bukanlah lawan yang bisa dianggap enteng. Pemegang pucuk klasemen sementara Liga Rusia itu belum pernah kalah sekalipun di kandang untuk liga domestik.

Terjadi jual beli serangan hingga pertengahan babak pertama. Lyon mendapat peluang pertama lewat sepakan bebas Jason Denayer, sayang bola terlalu lemah dan bisa diamankan kiper Mikhail Kerzhakov.

Magomed Ozdoyev hampir membuat blunder setelah tak bisa mengantisipasi arah datangnya bola. Kerzhakov masih fokus dan gerak refleksnya berhasil mengamankan bola sebelum diserobot Dembele.

Giliran Daler Kuzyayev yang mengancam gawang Lyon pada menit ke-24. Daler yang berdiri bebas melepaskan sepakan keras namun bola masih melenceng di atas mistar gawang.

Gol bagi tuan rumah tercipta pada menit ke-42. Berawal dari tendangan sudut Douglas Santos, Artem Dzyuba memenangi duel atas Marcelo dan sundulannya tidak bisa dihalau kiper.

Pada awal babak kedua, Lyon tetap tak mengendurkan serangan. Mereka langsung mengurung pertahanan Zenit melalui penguasaan bola. Dembele memiliki peluang pada menit ke-60, sayang sundulannya masih melebar dari target.

Unggul satu kosong membuat Zenit lebih memfokuskan pertahanan sembari menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Hasilnya terbukti saat laga memasuki menit ke-84, Magomed Ozdoev memastikan kemenangan Zenit menjadi 2-0 atas Lyon.

Baca juga: Valencia dan Chelsea berbagi poin, kelolosan ditentukan laga pemungkas

Baca juga: Atalanta raih kemenangan perdana di Liga Champions musim ini


Susunan pemain:

Zenit St. Petersburg (4-4-2): Mikhail Kerzhakov; Vyacheslav Karavayev, Branislav Ivanovic, Yaroslav Rakitskiy, Douglas Santos; Daler Kuzyayev (Alexsey Sutormin), Wilmar Barrios, Magomed Ozdoyev, Sebastian Driussi (Yuri Zhirkov); Sardar Azmoun (Aleksandr Yerokhin), Artem Dzyuba.
Pelatih: Sergei Semak

Olympique Lyon (5-4-1): Anthony Lopes; Leo Dubois, Marcelo, Joachim Andersen (Amine Gouiri), Jason Denayer, Marcal (Youssouf Kone); Bertrand Traore, Jeff Reine-Adelaide, Lucas Tousart, Maxwel Cornet (Cherki); Moussa Dembele.
Pelatih: Rudi Garcia

Baca juga: PSG rusak pesta kelolosan Real Madrid

Baca juga: Tendangan bebas Dybala antar Juventus tundukkan Atletico

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar