Jakarta (ANTARA) - Meski belum dibuka secara resmi, pertandingan SEA Games 2019 Filipina sudah bergulir sedikitnya empat cabang olahraga di Metro Manila, Clark dan Cluster Luzon, Kamis.

Ada cabang olahraga yang pantas menjadi pantauan yaitu sepak bola dan polo air. Khusus sepak bola anak asuh Indra Sjafri ini bakal menjalani pertandingan kedua yaitu menghadapi Singapura di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Kemenangan jelas sangat diharapkan karena pada laga perdana Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan mampu tampil gemilang di Grup B saat menghadapi juara bertahan Thailand dengan skor 2-0.

"Semua pemain sehat dan siap melawan Singapura," kata pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri usai memimpin latihan timnya di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Rabu (27/11).

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia dinilai istimewa oleh Singapura

Baca juga: Jokowi semangati atlet dan optimis timnas sepak bola raih kemenangan


Juru taktik asal Sumatera Barat itu menegaskan bahwa pemain seperti Egy Maulana Vikri yang harus ditarik keluar pada babak kedua saat menghadapi Thailand, Selasa (26/11), karena mengalami sakit pada bagian dada, juga sudah pulih dan bugar.

Begitu juga denga polo air. Ridjkie Mulia dan kawan-kawan akan menghadapi seteru terberatnya yaitu Singapura. Hasil pertandingan melawan tim Negeri Singa itu sangat berpengaruh dengan proses realisasi untuk mengejar medali emas yang ditargetkan.

Baca juga: Polo air diharapkan sumbang emas pertama bagi Indonesia di Filipina

Anak asuh Milos Sakovic ini sudah menjalani dua pertandingan yaitu bermain imbang dengan tuan rumah Filipina 6-6 dan menang atas Thailand dengan skor 17-12. Setelah melawan Singapura, timnas bakal menghadapi Malaysia, Jumat (28/11).

Pertandingan polo air putra diikuti lima negara yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand, menggunakan sistem kompetisi di mana juara ditentukan dari poin tertinggi usai semua tim memainkan masing-masing empat laga.

Baca juga: Tim polo air putra Indonesia jalani laga hidup-mati melawan Singapura

"Tidak ada kata lain kita harus menang lawan Singapura. Saya sudah instruksikan para pemain untuk tampil lebih rileks untuk bisa menampilkan permainan terbaik. Singapura memang tim hebat, tapi apapun bisa terjadi," ujar pelatih timnas polo air putra Milos Sakovic asal Serbia dalam keterangan tertulis.

Selain sepak bola dan polo air, dua cabang olahraga yang bertanding adalah polo yang mempertemukan Indonesia melawan Filipina, Inigo Zobel Polo Facility serta floorball yang mempertemukan tim putra-putri Indonesia melawan Thailand di Metro Manila.

Baca juga: Indonesia "support" Filipina perbaiki pelayanan SEA Games Ke-30

Baca juga: Lepas kontingen SEA Games, Presiden targetkan tembus dua besar


 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019