BMKG: Cuaca Jateng selatan dipengaruhi badai Kammuri

BMKG: Cuaca Jateng selatan dipengaruhi badai Kammuri

Badai Kammuri yang muncul di Samudra Pasifik sebelah timur Filipina berdampak terhadap kondisi cuaca di Jateng bagian selatan sehingga dalam beberapa hari terakhir tidak turun hujan. (ANTARA/HO-BMKG)

Cilacap (ANTARA) - Kondisi cuaca di wilayah Jawa Tengah bagian selatan dipengaruhi oleh badai Kammuri yang muncul di Samudra Pasifik sebelah timur Filipina, kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo.

"Badai tersebut mengakibatkan awan hujan yang sebenarnya telah tumbuh di atas wilayah Jateng bagian selatan khususnya Kabupaten Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya tersapu ke arah pusat badai," katanya di Cilacap, Kamis.

Oleh karena itu, kata dia, cuaca di wilayah Jateng selatan dalam beberapa hari terakhir cenderung cerah atau tidak ada hujan. "Kalaupun ada hujan, sifatnya hujan lokal," katanya.

Baca juga: BMKG: Sebagian wilayah Jateng selatan memasuki masa pancaroba

Kendati demikian, dia mengatakan berdasarkan pengamatan citra satelit, kekuatan badai Kammuri tersebut mulai melemah sehingga hujan diprakirakan akan kembali mengguyur wilayah Jateng bagian selatan.

"Berdasarkan pengamatan citra satelit, hari Sabtu (30/11) diprakirakan akan kembali turun hujan," katanya.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengimbau warga yang bermukim di wilayah rawan longsor terutama di daerah perbukitan atau bertebing untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

Menurut dia, kondisi tanah tebing yang kering jika terkena hujan akan mudah longsor sehingga warga di yang bermukim di daerah itu diimbau untuk tetap siaga terhadap bencana.

Selain itu, kata dia, warga yang bermukim di wilayah rawan banjir juga diimbau untuk waspada terhadap peningkatan intensitas hujan yang diprakirakan akan berlangsung pada awal bulan Desember.

Baca juga: Cuaca esktrem disebut BMKG mesti diwaspadai warga di selatan Jateng

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Siklon Tropis Kammuri sebabkan curah hujan di Kepri minim

Komentar