Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, melakukan kegiatan penghijauan dan penanaman sebanyak 200 bibit pohon trembesi, palem dan pucuk merah di lingkungan asrama polisi, mapolsek, dan markas kepolisian (mapolres), Kamis.

Wakil Kepala Polres Batang Kompol Hartono di Batang, Kamis, mengatakan melalui kegiatan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian Polres untuk menjaga lingkungan hidup dan eskositem alam agar tetap seimbang.

"Sebanyak 200 bibit pohon trembesi dan palem kita tanam di lingkungan mapolres agar udara sejuk dan menjaga ekosistem alam," katanya.

Baca juga: Ratusan bibit cemara laut ditanam di Pantai Tapangdengklok-Cilacap

Ia mengatakan dipilihnya pohon trembesi, palem, dan pucuk merah ini karena tanaman tersebut bisa tumbuh besar dan rindang, serta mudah tumbuh.

"Oleh karena, kami berharap pohon tersebut dirawat dan siram agar cepat tumbuh. Nantinya, pohon itu dapat dimanfaatkan untuk menjaga kondisi udara sejuk dan nyaman," katanya.

Penanaman pohon itu, dilakukan dalam rangkaian "Hari Menanam Pohon Indonesia" dengan mengusung tema "Polda Jateng Go Green".

Ia menambahkan kegiatan penanaman pohon ini akan terus dilakukan pada kegiatan lain agar manfaatnya bisa dinikmati oleh masyarakat untuk mendapatkan udara yang segar, kondisi yang sejuk, dan nyaman.

Baca juga: Di Pantai Sulamanda-NTT, warga desa menanam ribuan pohon bakau

Pewarta: Kutnadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019