Sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 81 orang saksi dengan berbagai unsur, ucap Febri
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas, barang bukti, dan tersangka mantan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Andra Y Agussalam (AYA) dalam kasus korupsi pengadaan pekerjaan Baggage Handling System ke penuntutan agar dapat segera disidangkan.

"Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti, dan tersangka AYA dalam perkara tindak pidana korupsi terkait pengadaan pekerjaan BHS pada PT Angkasa Pura Propertindo yang dilaksanakan oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia Tahun 2019," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis.

Direncanakan sidang terhadap Andra dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 81 orang saksi dengan berbagai unsur," ucap Febri.

Baca juga: Kasus suap AP II, KPK panggil dua pejabat Angkasa Pura Propertindo

Unsur saksi, yakni pejabat PT Angkasa Pura II, direktur dan pejabat PT Angkasa Pura Propertindo, Direktur PT Industri Telekomunikasi Indonesia, dan swasta.

Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan dua tersangka pada Kamis (1/8), yakni Andra dan Taswin Nur (TSW) dari pihak swasta atau teman dekat dari mantan Dirut PT Industri Telekomunikasi Indonesia Darman Mappangara (DMP).

Selanjutnya, dalam pengembangan kasus itu, KPK menetapkan Darman sebagai tersangka baru pada Rabu (2/10).

Baca juga: Andi Taswin didakwa jadi perantara suap ke Direktur Keuangan PT AP II

Untuk Taswin, saat ini dalam proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Taswin didakwa menjadi perantara suap kepada Andra sebesar 71 ribu dolar AS dan 96.700 dolar Singapura.

Baca juga: KPK panggil dua Direktur Angkasa Pura II

Tujuan pemberian uang tersebut agar mengupayakan PT INTI menjadi pelaksana pekerjaan dalam pengadaan dan pemasangan semi Baggage Handling System (BHS) di Kantor Cabang PT Angkasa Pura (AP) II antara PT Angkasa Pura Propertindo (APP) dan PT INTI.

PT INTI adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi dan teknologi informasi. Darman selaku Dirut PT INTI sudah kenal Direktur Keuangan PT AP II Andra sejak sama-sama bekerja di PT LEN Industri.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019